Pencegahan Virus Corona, Koramil 0816/12 Prambon Gelar Apel Siaga Covid-19


SIDOARJO | – Dalam menghadapi penyebaran Covid-19 yang tergolong massif, Koramil 0816/12 Prambon melaksanakan apel siaga Covid-19 dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19, bertempat di Makoramil 0816/12 Prambon, Senin, (6/4/20).

Kegiatan dipimpin langsung Komandan Koramil 0816/12 Prambon, Kapten Cpl M. Khoiri, diikuti dengan 11 personel. Pada pelaksanaan apel, para personel diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari masker, kacamata safety, sarung tangan karet, sepatu, dan jas parasut loreng.

"Apel siaga hari ini sengaja saya perintahkan menggunakan APD. Selain untuk membiasakan diri, juga untuk memberikan pemahaman terkait SOP penanganan penyakit atau virus yang menular," terang Danramil.

Setelah apel siaga, kegiatan dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan Makoramil 0816/12 Prambon, dan berjemur diri bagi seluruh personel.

Danramil menambahkan, keterlibatan TNI dalam penanganan Covid-19 telah diatur oleh Undang-undang tentang Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang artinya TNI membantu pemerintah daerah, membantu Polri, dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kita perlu menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk selalu menjaga kesehatan, lakukan olah raga dan makan makanan yang bergizi agar imun dalam tubuh tetap kuat," imbuhnya.

Tak kalah penting, lanjut Kapten Cpl M. Khoiri, adalah penyiapan APD yang harus terus dipersiapkan guna menghindari sekaligus mengurangi risiko tertular virus Covid-19.

"Oleh karena itu saya tekankan kepada Babinsa saat melakukan pendampingan atau penanganan terhadap masyarakat harus tetap memperhatikan prosedur kesehatan yang telah ditetapkan, seperti selalu menggunakan APD," pungkas Danramil.