Aksi Damai HUT DPW FSPMI Jatim Ke-17 Di Depan Grahadi Surabaya


Di depan Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo Surabaya terjadi Aksi Damai "Mimbar Rakyat" dalam rangka memperingati HUT DPW FSPMI Jatim yang ke-17 (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia), diikuti sekitar 1000 orang massa buruh FSPMI dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan yang dikoordinir oleh Sdr. Pujianto (Ketua DPW FSPMI Jatim), Doni Ariyanto, Jazuli dan Dodik Dwi W., Sabtu 06/02/2016 13.30 WIB.

Aksi damai sambil membawa spanduk/poster : Selamat sukses HUT FSPMI ke-17 serta kongres FSPMI ke-5. Cabut PP 78 tahun 2015. Sahkan perda ketenagakerjaan Jatim sekarang juga. Bubarkan PPHI. Selanjutnya massa aksi menyusun barisan di sepanjang kawat berduri dan melakukan orasi secara bergantian dan menyampaikan tuntutan, antara lain :
Tuntutan NASIONAL yang di rekomendasikan kepada Presiden dan DPR RI, yaitu : Pencabutan PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Bubarkan PHI, yaitu mendesak Komisi IX DPR RI agar segera menuntaskan pembahasan Revisi UU No. 2 tahun 2004 tentang PPHI dan kembali menuntut DPR RI memasukkan POLEGNAS Prioritas tahun 2016.
Tuntutan LOKAL : Segera sahkan rancangan Perda tentang Perlindungan Tenaga Kerja.

Selanjutnya massa aksi membentuk lingkaran untuk melaksanakan syukuruan berupa nasi tumpeng, yang didahului oleh sambutan dari Sdr. Pujianto (Ketua DPW FSPMI Jatim) : Syukuran ini dalam rangka hari kelahiran FSPMI yang ke-17 untuk menguatkan Buruh demi kepentingan Nasionalisme. Hari ini sebagai simbol perlawanan FSPMI terhadap peraturan-peraturan pemerintah maupun daerah yang tidak memihak kepada rakyat khususnya buruh. Semoga Kongres FSPMI yang ke-5 nanti akan menjadi ajang pemilihan pemimpin-pemimpin Buruh yang pro rakyat.

Massa aksi juga melakukan Doa bersama yang dipimpin oleh Sdr. Ali Rifai (Ketua FSPMI Gresik). Dilanjutkan pemotongan tumpeng, makan bersama dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Aksi damai selesai pukul 14.50 WIB berjalan dengan lancar dan tertib.

(/san)