Kongres V FSPMI & Munas V SPA FSPMI Hari Kedua Di Empire Palace I Surabaya


Di Hotel Empire Palace I Surabaya Jl. Blauran No. 57 – 75 Surabaya, telah dilaksanakan lanjutan Kongres V Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Munas V SPA FSPMI dengan Tema Berjuang Tiada Akhir Bergerak Tanpa Batas Demi Kaoem Boeroeh Dan Rakjat yang diikuti sekitar 500 orang (yang mengikuti sidang) dari perwakilan buruh se-Indonesia, Penanggung Jawab Sdr. Supriyadi (Wakil Ketua PC FSPMI Kota Surabaya), Selasa 09 Februari 2016 Pukul 08.30 WIB.

Perwakilan FSPMI diseluruh Indonesia yg hadir, antara lain Wilayah :
1.    DKI Jakarta
2.    Bandung Raya dan Cirebon.
3.    Kab/Kota Bekasi.
4.    Kab/Kota Karawang.
5.    kab/Kota Bogor.
6.    Kab Purwakarta.
7.    Provinsi Banten.
8.    Provinsi Jateng.
9.    Prov Jatim.
10.  Provinsi Lampung.
11.  Provinsi Sumut.
12.  Provinsi Kep.Riau.
13.  Provinsi Gorontalo.
14.  Provinsi Sulsel.
15.  Provinsi Sulut.
16.  Prov Aceh.

Kongres V Sidang Paripurna dimulai dengan presentasi bidang Training Center yang dibacakan oleh Sdr. Sawal, antara lain : Training Center merupakan Pilar ke 4 dari organisasi FSPMI, Perbaikan di Menejemen Organisasi, Swadaya Organisasi, Pembinaan dan pengembangan Kader FSPM.

Dilanjutkan presentasi di bidang Program informasi oleh Sdr. Heri : Seluruh perangkat lunak organisasi wajib memiliki alat  penunjang komunikasi, sehingga dapat menerbitkan brosur dan buletin serta mendokumentasikan kegiatan. Aktif membangun komunikasi dengan perangkat organisasi perburuhan Nasional dan Internasional. Meningkatkan propaganda perjuangan FSPMI dan dokumentasi kegiatan FSPMI melalui media seperti website, e-mail, facebook, koran dan sebagainya, serta dapat mengelolanya. Oplah koran akan ditingkatkan dari 7 ribu/edisi menjadi 10 ribu di tahun 2016 dan di tahun 2017 menjadi 15 ribu, karena pelanggan utama adalah kalangan sendiri. Sehingga diusulkan wajib bagi anggota unit Media Perdjoeangan untuk membeli 10% dari edisi cetak.

Presentasi bidang rekomendasi dan Isue perjuangan oleh Sdr. Edi, antara lain : Meningkatkan propaganda perjuangan FSPMI melalui alat propaganda FSPMI Seperti melalui media sosial blog, youtube , facebook dan twitter. Organisasi lebih memperhatikan bidang propaganda dan publikasi dalam hal ketrampilan dengan cara mengikuti dalam kursus dan pelatihan yang berhubungan dengan propaganda. Menyediakan peralatan untuk mendukung kegiatan Propaganda dan Publikasi.

Tanggapan dan pengesahan hasil sidang komisi oleh Sdr. Suparno, antara lain : Memberikan Bantuan LBH bagi buruh di PHI, LBH pusat harus fokus dan memperhatikan Hak Asasi manusia, Pilar Ekonomi yang kurang kuat merupakan kendala bagi organisasi untuk bisa memperbaikinya.

Acara dihentikan pukul 12.00 WIB karena Isoma/coffe Break, setelah itu pada pukul 13.45 WIB acara dilanjutkan kembali dengan agenda pembentukan komisi A dari peserta FSPMI dengan mediator Sdr. Sawal dan Sdr. Suparno (Ketua Komisi A FSPMI) untuk membahas AD ART organisasi terkait anggaran FSPMI dan pengucapan ikrar FSPMI dengan rangkaian acara, meliputi : Pembacakan pasal-pasal AD ART organisasi. Persetujuan simbol, lambang dan elemen-elemen Garda buruh dalam kelembagaan FSPMI. Pembentukan tim independen untuk mengawasi mulai tingkat PUK FSPMI s.d DPP FSPMI. Organisasi ini sebagai pelindung dan pembela pekerja baik di bidang AD ART, Politik dan ekonomi. Memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan untuk keluarga pekerja.

Dilanjutkan dengan agenda pembahasan calon presiden dan sekjen FSPMI periode 2016-2021 secara tertutup dengan calon Presiden FSPMI, yaitu : Sdr. Obon Tabroni, Sdr. Said Iqbal. Sedangkan calon sekjen, yaitu : Taufik Hidayat S.H (sekjen pusat) dan Bridan Adam Aziz S.H (Ketua DPW Banten).

Peserta kongres memutuskan cost iuran anggota sebesar 1% dari UMK, dengan perincian anggaran 60% untuk anggaran PUK dan 40% untuk anggaran DPP FSPMI. Anggaran dana tersebut untuk perjuangan dan kesejahteraan buruh yang tergabung dalam SP FSPMI Seluruh Indonesia.

Acara kembali dihentikan pada pukul 17.10 - 19.00 WIB karena Ishoma. Setelah itu pada pukul 20.20 WIB, dilanjutkan sidang kongres V dengan agenda penyampaian dari komisi-komisi yang ada di internal FSPMI, meliputi : Komisi A menyampaikan AD ART organisasi, ikrar dan pilar organisasi. Komisi B menyampaikan tentang program umum, kode etik dan strategi perjuangan organisasi. Komisi C menyampaikan tentang anggaran penggunaan dana organisasi FSPMI. Komisi D menyampaikan tentang isu perjuangan organisasi FSPMI. Tepat pukul 21.00 WIB, penyampaian dari tiap-tiap komisi selesai. Selanjutnya kongres akan dilanjutkan pada hari Rabu 10 Pebruari 2016 pukul 08.00 WIB s.d selesai untuk mengambil keputusan secara aklamasi dari masing-masing komisi tiap-tiap wilayah DPW FSPMI Se Indonesia. Kegiatan kongres hari kedua yang berlangsung mulai pagi sampai malam ini berlangsung tertib dan lancar.

(/ang)