Ratusan Buruh Berunjuk Rasa, Jalan Sidoarjo-Surabaya Lumpuh


Foto : Ilustrasi
SIDOARJO,– Ratusan buruh dari PT Maspion I yang berada di Gedangan Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan aksi demo blokade pintu gerbang utama perusahaan. Buruh outsourching itu menuntut agar hak-hak normatif mereka yang selama ini belum diperoleh, agar dipenuhi oleh perusahaan sesuai ketentuan yang ada.
Hak tersebut diantaranya belum di masukkannya mereka dalam BPJS serta gaji yang berada di bawah UMK. Para buruh juga menolak rencana PHK massal yang akan dilakukan perusahaan dan mengganti mereka yang di PHK dengan buruh baru. Aksi buruh tersebut membuat jalan raya Sidoarjo-Surabaya sempat lumpuh total dalam beberapa jam.
Selain membuat jalan raya Sidoarjo-Surabaya lumpuh total dalam beberapa jam, seluruh karyawan PT Maspion I juga tidak bisa masuk ke dalam pabrik. Apalagi petugas kepolisian yang ada di lokasi tidak sebanding dengan jumlah pengunjukrasa.
“Unjukrasa akan dilakukan hingga dua hari kedepan. Dan kami ingin bertemu dengan pihak perusahaan untuk menyampaikan aspirasi,” ujar Arfan, salah satu perwakilan buruh, Kamis (17/3/2016).
Sementara pihak perusahaan PT Maspion I belum bisa ditemui untuk dimintai keterangan terkait aksi buruh tersebut. Beruntung, aksi ratusan buruh yang menyebabkan kemacetan jalan raya Sidoarjo-Surabaya selama beberapa jam itu tidak anarkis dan berlangsung aman. (adk)
By