Kodim Surabaya Selatan Membekali Materi Teritorial Bintara Remaja


Sebanyak 6 (enam) Orang Bintara Remaja mendapatkan pembekalan teritorial di Satkowil (Satuan Komando Kewilayahan) Kodim 0832/Surabaya Selatan, pada Senin (24/08/2020) siang di Makodim.

Dengan seksama, para prajurit muda tersebut memperhatikan materi yang disampaikan oleh pemateri pada hari pertama.

"Seperti materi CMI (Cara Memberikan Instruksi), Metode Binter (Pembinaan Teritorial) dan Lima Kemampuan Teritorial", ungkap Pasiter Kapten Inf Kasrun.

Sebagai Prajurit TNI yang bertugas di teritorial, tentunya selaku Babinsa juga harus bisa mengenal wilayah binaannya dan berkomunikasi dengan masyarakat.

Maka Bintara Remaja tersebut perlu mendapatkan materi cara memberikan instruksi, seperti yang disampaikan oleh Pasiter Kapten Kasrun.

"Dengan materi CMI, diharapkan Bintara Remaja, yang nantinya jika bertugas sebagai Babinsa, diharapkan dapat berkomunikasi efektif dan bisa meyakinkan masyarakat", ucap Pasiter.

Wadanramil 0832/04 Wonokromo Kapten Inf Ali Imron juga menambahkan dalam materi Metode Binter, bahwa Babinsa (Bala Pembina Desa) harus bisa menyesuaikan pada saat di wilayahnya.

"Pada saat Babinsa di wilayah teritorialnya harus bisa menyesuaikan dan mengaplikasikan Binter. Sikap teritorial tidak boleh keluar dari Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI", tegas Kapten Ali Imron.

Dalam materi Lima Kemampuan Teritorial, Mayor Arh Iwan Apwan Panca Putra pun juga menambahkan, bahwa seorang Babinsa harus bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya.

"Tentunya sesuai peraturan hukum yang berlaku dengan menggandeng Bhabinkamtibmas, dan berbuat baik kepada rakyat", harap Danramil 0832/01 Sawahan tersebut.

Perlu diketahui, sebelum kembali ke Korem 084/Bhaskara Jaya untuk disebar ke Jajaran Kodim, para Bintara Remaja tersebut akan mendapatkan pembekalan dari Kodim 0832/Surabaya Selatan mulai tanggal 24 - 30 Agustus 2020.

Selama satu Minggu itu, para Bintara Remaja mendapatkan Materi CMI, Metode Binter, Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Ketatalaksanaan Binter dan Puldata Teritorial, disampaikan oleh para Instruktur Perwira dan Bati TUUD Koramil jajaran Kodim 0832/Surabaya Selatan.