Kenali Karakteristik Wilayah, Korem 084 Gelar Pembinaan RTRW Pertahanan Darat


mediasurabaya.com | SURABAYA • Penrem - Korem 084/Bhaskara Jaya menggelar kegiatan pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Tahun 2020 dengan tema "Keterpaduan dan Keserasian Pembangunan Wilayah Pertahanan yang diselaraskan dengan RTRW Pemda dapat menjamin terwujudnya wilayah pertahanan yang tangguh", di Aula Makorem 084/BJ, Surabaya. Selasa (01/09/20).

Kegiatan ini langsung di buka oleh Pasi Komsos Korem 084/BJ, Mayor Inf Atjep Hindarsjah, yang diikuti para Pasi Korem 084/BJ, para Danramil dan para Babinsa jajaran Korem 084/BJ, sebanyak 100 orang.

Dalam sambutan Danrem 084/BJ yang dibacakan Pasi Komsos Korem 084/BJ, menyampaikan bahwa dalam UU RI Nomor 34 tentang TNI, salah satunya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu Pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan nasional. Untuk itu, melaksanakan pembinaan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat Korem 084/BJ, harus ada keterpaduan dengan dua pemerintah Daerah tersebut.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk membangun secara fisik berupa infrstruktur maupun fasilitas lainnya, dengan mengenal dengan baik karakteristik wilayah di semua bidang (bidang geografi, demografi dan kondisi sosial). Dalam menyiapkan rencana Tata Ruang Pertahanan Darat yang baik harus ada keterpaduan antar kepentingan pemerintah daerah dan kepentingan pertahanan sehingga tercipta suatu wilayah yang dapat menjadi daerah pangkal perlawanan dalam mewujudkan kepentingan pertahanan negara yaitu SISHANTA.

Dengan diadakannya kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat di Satuan Korem 084/BJ diharapkan mencapai sasaran diantaranya; Terdatanya Wilayah pertahanan darat yang statis dan dinamis, Terdatanya kondisi wilayah (geografi, demografi, kondisi sosial, SDA dan SDB) yang faktual, Terdatanya persepsi ancaman dan peluang dalam menyiapkan RTRW dan Mendapatkan kesamaan data atas dasar kesamaan visi dan persepsi serta sinergitas RT/RW Korem 084/BJ dengan konsep RTRW pertahanan wilayah.

Lanjut Pasi Komsos Korem 084/BJ, dalam kesempatan kali ini juga untuk menyampaikan materi yang berhubungan dengan rencana tata ruang wilayah pertahanan Darat di wilayah Korem 084/BJ kepada seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan sungguh-sungguh apa yang disampaikan pemateri," pungkasnya.