Scaffolding Tidak Kuat Dak Cor Pakuwon Super Mall Roboh


SURABAYA ,- Suasana pagi di kawasan mega proyek Kota Satelit wilayah Surabaya Selatan, mengalami kepanikan akibat robohnya Dak Cor pada bangunan baru di lantai 8 Pakuwon Super Mall, Kamis 06/10/2016.

Menurut keterangan Kasman (36), Security Pakuwon Supermall Jl. Pradah Indah Babatan Wiyung. Bahwa sebelum dak cor tersebut roboh, memang pada hari Rabu (05/10) malam dilakukan pengecoran pada bangunan baru di lantai 8 hingga pada pagi hari. Setelah selesai pengecoran, para pekerja sedang beristirahat.

"Sekira pukul 07.15 WIB, saat pergantian Pos Jaga tiba-tiba terdengar suara berisik. Setelah dicek, ternyata dak cor pada bangunan baru lantai 8 tepatnya pada bagian sisi luar sebelah timur telah roboh", kata Kasman.

Setelah dirinya melihat kejadian tersebut, langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Dan Pos Jaga dan segera ditindaklanjuti laporan tersebut. Selanjutnya Pihak Polsek dan Klinik Korban Kecelakaan (K3) tiba di lokasi kejadian, dan melaksanakan pemeriksaan terhadap kejadian tersebut. 

Waktu itu hasil pemeriksaan sementara terkait dengan robohnya dak cor tersebut, dikarenakan alat penyangga atau scaffolding tidak kuat menahan cor tersebut. Hingga akhirnya mengakibatkan ambruknya dak cor, khususnya bagian luar sisi timur.

Tidak ada korban jiwa, karena pada saat kejadian para pekerja belum melaksanakan aktivitas. Untuk kerugian materiil belum ada konfirmasi dari pihak Kontraktor, karena masih sulit untuk dihubungi sampai kejadian ini diberitakan.

[/Diki]