Komsos Humanis, Warga : Kehadiran Babinsa Dirindukan


Foto : Babinsa Serma Sugeng H. bersama Warga |

SURABAYA ,- Babinsa Kelurahan Wiyung Koramil 0832/06 Karangpilang Serma Sugeng H melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama warga masyarakat binaan secara HUMANIS di wilayah RT.02 RW.IV Kelurahan Wiyung Kecamatan Wiyung Kota Surabaya, Selasa 23/08/2016.

Sebagai Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0832/Surabaya Selatan, saya perlu banyak informasi dari warga masyarakat terkait perkembangan situasi dan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan warga binaan. Bapak semua adalah Mitra Babinsa, untuk itu bilamana ada permasalahan dengan warga tolong di sampaikan. Karena Babinsa senantiasa punya kewajiban untuk membantu kesulitan rakyat sebatas peran dan fungsinya di wilayah binaan.

Saya sampaikan pula, bahwa menghadapi permasalahan di lapangan yang begitu kompleks, sebagai Babinsa, saya dituntut memiliki kepekaan terhadap lingkungan. Dalam arti, senantiasa tanggap terhadap perkembangan situasi dan permasalahan yang terjadi di wilayah binaan. Sehingga dapat mengetahui dan melaporkan secara cepat kepada pimpinan dalam mengambil langkah tindakan untuk mencegah dampak yang lebih luas. Kemanunggalan TNI dengan RAKYAT harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Babinsa harus aktif dalam kegiatan masyarakat, karena Babinsa adalah sahabat RAKYAT. Babinsa tidak boleh membedakan Golongan, harus ramah, santun, bersahaja dan rendah hati di tengah warga masyarakat. Ibarat Rakyat adalah Rohnya, sedangkan Babinsa sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah Jasadnya. Sehingga, Jasad tanpa Roh tidak dapat berjalan dan begitu sebaliknya. Perlu Bapak ketahui, bahwa Kemanunggalan TNI dengan RAKYAT merupakan kekuatan yang ampuh dalam menjaga Stabilitas Keamanan di wilayah, maupun secara Nasional.

Babinsa adalah bagian yang tak terpisahkan dari Rakyat, karena sejarah berdirinya NKRI adalah hasil Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, semangat kekeluargaan dan kebersamaan. Babinsa harus berupaya memberikan rasa aman kepada masyarakat, serta menciptakan suasana yang kondusif bagi kehidupan masyarakat di wilayah binaan. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga Bapak semua bisa mengerti dan memahami peranan dan fungsi Babinsa di tengah-tengah warga masyarakat.

Terima kasih Babinsa, atas peran aktif serta kesediaannya memberikan pengarahan kepada kami. Kehadiran Babinsa di tengah warga masyarakat akan selalu kami RINDUKAN. Demikian harapan dari beberapa warga masyarakat binaan Kelurahan Wiyung Kecamatan Wiyung Surabaya.

[/Dik]



http://mediasurabaya.com