Komsos Dialogis Babinsa Koramil Genteng Ketahui Kondisi Sosial Masyarakat


Foto : MSby | Serma Patria bersama warga Kapasari -

mediasurabaya.com ,- Siapa yang tidak mengenal Bintara Pembina Desa (Babinsa) ? Tentu masyarakat sangat tahu betul, bahwa Prajurit yang bertugas di Satuan Komando Wilayah (Satkowil) Teritorial TNI AD tersebut selalu blusukan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Berbagai komunitas dan profesi masyarakat diselami oleh Babinsa yang mempunyai tugas dan tanggung jawab kerja di tingkat Kelurahan. Tugas pokok sebagai pengumpulan dan pemeliharaan data geografi, demografi, kondisi sosial dan potensi nasional meliputi SDM, SDA/SDB, serta sarana dan prasarana di wilayahnya.

Oleh karena peranannya di wilayah teritorial, Babinsa mau tidak mau harus selalu berinteraksi dengan masyarakat di sekelilingnya. Sesuai dengan tugas pokoknya, Babinsa wajib tahu dengan kondisi sosial di wilayah binaannya.

Siang hari itu pada hari Jum'at (09/12) pukul 13.00 WIB Anggota Koramil 0832/02 Genteng Serma Patria Babinsa Kelurahan Kapasari, melakukan komunikasi sosial (komsos) dialogis dengan warga kapasari terkait kondisi sosial masyarakat saat ini.

Banyaknya pengangguran dan sulitnya lapangan pekerjaan membuat ekonomi semakin sulit, sehingga masyarakat harus mempunyai inisiatif dan inovatif. "Salah satunya adalah Ibu Yuli, terpaksa harus jualan nasi di depan jalan  gang kampung demi kelangsungan hidup", kata Serma Patria.

"Walaupun hasil tidak menentu yang penting dapur tetap mengepul, bekerjalah walaupun berpenghasilan sedikit lebih berarti dari pada tidak sama sekali", itulah motto Ibu Yuli untuk menyemangati hidupnya.

Terkait dengan hal itu, guna menyikapi perkembangan situasi saat ini di wilayah binaan, maka Babinsa Koramil dapat memberikan masukan kepada Kodim dalam mendukung tugas pokok sebagai Satuan Induk dari Koramil.

[/Ang]


http://mediasurabaya.com