Nusantara Bersatu di Lapangan Kodam V/Brawijaya



mediasurabaya.com ,- Rabu tanggal 30 November 2016 pukul 07.00 WIB, di Lapangan Makodam V/Brawijaya Jl. Raden Wijaya No.1 Surabaya dilaksanakan acara Nusantara Bersatu dengan mengusung tema "Nusantara Bersatu Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama Bhinneka Tunggal Ika" diikuti sekira 5.000 Orang, penanggung Jawab Mayjen TNI I Made Sukadana Pangdam V/Brawijaya.

Pejabat yang hadiri dalam kegiatan tersebut, yaitu Mayjen TNI I Made Sukadana Pangdam V/Brawijaya, Irjen Pol Anton Setiadji, SH., MH Kapolda Jatim, Brigjen TNI Rahmad Pribadi Kasdam V/Brawijaya, Brigjen TNI Mar Amirudin Harun Kasgartap III/Surabaya, Laksda TNI Darwanto, SH., MA Pangarmatim, Laksma Teguh P. Kabinda Jatim, Brigjen Pol Gatot S. Wakapolda Jatim, E.S Maruli Hutagalung, SH. Kajati Jatim, Zaenal Muhtadin Asisten I Prov Jatim, Para Asisten Kasdam V/Brawijaya, Para Dansat/Kasat Jajaran Kodam V/Brawijaya, Bambang Sulistomo (Anak dari pahlawan Bung Tomo).

Dalam acara tersebut juga diikuti oleh peserta dari Aparat TNI/Polri, Aparat Pemerintahan, Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga), Organisasi Masyarakat (Ormas), Pelajar atau Mahasiswa, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Masyarakat.

Rangkaian kegiatan dalam Nusantara Bersatu dihibur oleh Persembahan Marching Band dari AAL dan Para Layang dari Anggota TNI yang disaksikan oleh para Forpimda Provinsi Jatim.

Selanjutnya dalam suasana Nusantara Bersatu, semua peserta menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Tak ketinggalan, para peserta yang hadir dalam acara Nusantara Bersatu disuguhi Sosio Drama persembahan dari Korem 084/Bhaskara Jaya dipimpin oleh Taufik Monyong tentang perjuangan arek-arek Surabaya melawan penjajah.

Berturut-turut, rangkaian acara selanjutnya meliputi pembacaan puisi dengan judul “Persatuan Indonesia” oleh Adik Ratu Rasmaila Siswa SMA Putra Wijaya Surabaya. Persembahan tarian tradisional Reog Ponorogo. Orasi disampaikan oleh Bambang Sulistomo Putra Bung Tomo. Menyanyikan lagu-lagu Nasional yang dibawakan oleh Ajendam V/Brawijaya dan PAPPRI, diantaranya Garuda Pancasila, Berkibarlah Benderaku dan Surabaya kota kenangan diiringi dengan membaurnya para pimpinan daerah dengan masyarakat, aparat TNI/Polri untuk menari bersama yang melambangkan kebersamaan (Berbhinneka Tunggal Ika)

Pembacaan puisi oleh Dian Kartika, Orasi disampaikan oleh M. Fahmi dari Universitas Merdeka Surabaya, Persembahan lagu-lagu Nasional Ajendam V/Brawijaya dan PAPPRI lagu Majulah Negeriku dan lagu Merah Putih, Pembacaan puisi oleh Siska Liana Mahasiswi STKW, Persembahan Lagu Indonesia Ciptaan Koes Plus dan Gombloh oleh Ajendam V/Brawijaya dan PAPPRI (Lagu Nusantara).

Sebelum berakhirnya acara pada pukul 10.40 WIB, dilakukan Pembacaan Do'a untuk Indonesia FKU meliputi Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu, Islam.

[/And]



http://mediasurabaya.com