Panggung Bhinneka Tunggal Ika Bela NKRI di Grahadi



mediasurabaya.com ,- Kawasan Grahadi Surabaya benar-benar telah menjadi Icon bagi elemen masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya. Kali ini (19/11/2016) dilakukan aksi damai Panggung Bhinneka Tunggal Ika Bela NKRI, tema "NKRI & PANCASILA HARGA MATI !!!". Penyelenggara Aliansi Kebangsaan Jawa Timur, sebagai inisiator Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan Nasional-Jawa Timur (JPKPN Jatim), Barisan Relawan Jalan Perubahan-Jawa Timur (BARA JP-Jatim), LBH Bara JP Jatim , Jaringan Nasional Indonesia Baru (JNIB) Cab. Jawa Timur, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) St.Lukas Cab.Surabaya, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesa (GMKI) Cab.Surabaya, Cakrawala Timur (CT), Komunitas Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Cab.Surabaya, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia-Jawa Timur (FKKPI-Jatim), , Ikatan Putra Putri Tumbal Negara (IPPTN), ALMISBAT, Persatuan Perempuan Peduli Generasi Indonesia (SAPULIDI), Seknas Jokowi-Jatim, GusDurian Surabaya, Kelompok Pengamen Jalanan (KPJ), Budhist Education Centre, Buddhayana Dharmawira Centre, Majelis Buddhayana Indonesia, Boen Bio Jawa Timur, Banteng Reformasi Indonesia, Aliansi Petani Indonesia (API Jatim), Satu Kedaulatan Rakyat (SAKERA), Perjuangan Anak Bangsa (PAB), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), KAMUS-PR, Forum Komunikasi Banteng Lawas Bersatu (FORKOM BLB), Forum Kilamas (Forum Xmas), PMII Komisariat Unsuri, PMII Komisariat UPN, PMII Komisariat Unusida, Left Democration Force (LDF)-UINSA. Tokoh Agama (Toga), Budayawan dan Pekerja Seni serta diikuti oleh Peserta sekira 200 Orang, Penanggung jawab Sdr. Kusnan.

Diawali oleh para Peserta long march dari Gedung Kebudayaan Jawa Timur (Cak Durasim) menuju ke Panggung Bhinneka Tunggal Ika Bela NKRI di depan Gedung Negara Grahadi, dengan membawa spanduk yang bertuliskan Mendukung TNI POLRI menindak tegas pelaku isu sara. Meneguhkan Pancasila Mempertahankan Kebhinnekaan. Mendukung Pemerintahan Jokowi yang konstitusional. Wanita Katolik RI Ikrar Setia Pada Pancasila Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Mereka juga menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dipimpin oleh Fabianus Hendrik dan dilaniutkan Mengheningkan Cipta, menyanyikan Lagu Garuda Pancasila, serta do'a bersama dipimpin oleh Perwakilan Elemen.

Peryantaan Sikap Aliansi Kebangsaan Jawa Timur, yaitu Menegaskan dan meneguhkan Pancasila adalah jiwa kami, NKRI adalah Rumah Kami, Bhinneka Tunggal Ika adalah pergaulan hidup kami. Mempertahankan pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Mendukung Polri menegakkan hukum secara tegas terhadap kelompok kelompok intoleran dan kelompok kelompok yang menggunakan agama atau apapun untuk melakukan kekerasan. Rakyat Jawa Timur siap melawan gerakan yang ingin menggantikan Pancasila sebagai Dasar Negara. Dan menyerukan kepada seluruh Rakyat Indonesia untuk tetap menciptakan toleransi terhadap setiap perbedaan suku, agama dan ras.

Indonesia terbentuk dalam NKRI harga mati, bela negara adalah NKRI. Dasar Negara kita didalam balutan keaneka ragaman Bhinneka Tunggal Ika. Tidak terima ideologi kita diganti oleh ideoligi negara lain. Kebersamaan benar diciptakan untuk mengamankan Pancasila dan UUD 1945. Kita tidak sudi negara kita dirongrong oleh penjajah, beri pemahaman di lingkungan kita bahwa kita adalah satu.

[/Ang]


http://mediasurabaya.com