Danramil 0829/01 Kota Beri Materi Wawasan Kebangsaan dan Babinsa Melatih PBB di SMKN 1 Bangkalan


Bangkalan,  Wawasan kebangsaan adalah sudut pandang bangsa Indonesia dalam memahami keberadaan jati diri dan lingkungannya, hal tersebut merupakan penjabaran dari falsafah bangsa sesuai dengan keadaan wilayah Negara dan Bangsa Indonesia.

 

Wawasan kebangsaan adalah materi sangat penting yang harus diberikan kepada anak muda generasi bangsa, sebagai pondasi rasa bangga dan cinta tanah airnya.

Danramil 0829/01 Kota Bangkalan Kapten Inf Muhadi dan anggotanya memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan PBB/Peraturan Baris Berbaris  pada siswa aiawi SMKN 1 Bangkalan Kabupaten Bangkalan, Jum'at (19/2/19)

 

Wawasan Kebangsaan Danramil 0829/01 Kota Bangkalan Kapten Inf Muhadi menyampaikan, pemberian materi wasbang yang diberikan tentang 4 Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

 

Empat Pilar Kebangsaan sangatlah penting karena merupakan  tiang penyangga yang kokoh, agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tentram, dan sejahtera, serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

 

" Suatu pilar kebangsaan harus kokoh dan kuat untuk menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan, baik dari dalam maupun dari luar. Pilar kebangsaan Indonesia yang berupa belief system harus dapat menjamin terwujudnya ketertiban, keamanan, kenyamanan, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua warga negara" ujarnya.

 

Dengan memberikan Wasbang dan materi PBB maka nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasilais, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan bela negara khususnya untuk nilai-nilai Pancasila akan tertanam pada generasi muda bangsa Indonesia, imbuhnya.

 

Memberikan pendidikan yang layak dan bernilai kepribadian bangsa Indonesia kepada generasi penerus bangsa  sangatlah penting, karena akan mencegah perbuatan yang negatif.

 

" Dimana lembaga pendidikan baik sekolah maupun keluarga menjadi faktor penentu bagi generasi muda,  sekolah dan orang tua harus dapat memberikan wadah yang baik bagi anak muda untuk menyalurkan ide dan kreatifitas mereka untuk hal-hal yang positif " tutup Danramil.

 

Kepala sekolah SMAK 1 Bangkalan Ibu Qurrotuany menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Danramil 0829/01 Kota Bangkalan Kapten Inf Muhadi dan para Babinsa yang telah memberikan bantuan bimbingan dan pendidikan yang bermanfaat ini.

 

"Kami harap kedepan Danramil dan Babinsa dapat terus mendukung kegiatan-kegiatan yang seperti ini, karena sosok TNI merupaman contoh para siswa " ungkapnya.