Kodim Surabaya Selatan Kerahkan Danramil Dan Babinsa Edukasi Siswa Baru Dengan Wawasan Kebangsaan



mediasurabaya.com , SURABAYA - Dalam rangka MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Danramil 0832/05 Gayungan Kapten Inf Sucipto memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi para Siswa dan Siswi baru di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya, Selasa (16/07/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Kapten Inf Sucipto menjelaskan arti secara umum pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Sehingga, para murid bisa mengerti dan tumbuh jiwa nasionalisme.

"Guna menumbuhkan jiwa patrotisme dan nasionalisme di kalangan warga negara, maka pembekalan wawasan kebangsaan sangatlah penting dilaksanakan secara berkesinambungan dan sejak usia remaja terutama di sekolah-sekolah", terangnya.

Danramil mengungkapkan,  bahwa saat ini terindikasi banyak generasi bangsa yang kurang paham dengan wawasan kebangsaan termasuk didalamnya terkait bela negara.

Oleh sebab itu, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa - Siswi baru merupakan momentum yang tepat untuk menambah wawasan kebangsaan.

"Kami mengajak kalangan Siswa - Siswi untuk selalu peka terhadap perkembangan jaman apalagi dihadapkan pada potensi ancaman globalisasi yang berbasis teknologi internet dan diingatkan untuk tidak melupakan meningkatkan prestasi belajar demi terciptanya generasi muda yang tangguh dan mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman", harapnya.

Perlu diketahui, bahwa Kodim Surabaya Selatan mengerahkan para Danramil dan Babinsa (Bintara Pembina Desa) untuk memberikan wawasan kebangsaan secara serentak mulai Senin (15/07) sampai dengan Rabu (17/07) di Sekolah - Sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) di wilayah Kodim Surabaya Selatan.

Pembekalan wawasan kebangsaan bertujuan untuk membina generasi muda yang berwawasan luas dan memiliki semangat patriotisme kejuangan yang berlandaskan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).