Babinsa Koramil 0829/02 Hadiri Sosialisasi Abate Bintik Nyamuk di Puskesmas Socah Bangkalan


Bangkalan- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0829/02 Socah jajaran Kodim 0829/Bangkalan Serma Irfan dan Sertu Muryono menghadiri sosialisasi abate bintik bintik bekas nyamuk dan peningkatan sanitasi lingkungan oleh Puskesmas Socah terhadap rencana kegiatan foging untuk mencegah penyebaran penyakit DBD di beberapa desa di wilayah Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan.  Sabtu (4/1/2020)

Dalam kegiatan tersebut, Serma Madrai dan Sertu Muryono juga mendapatkan pelatihan tentang program kesehatan sanitasi lingkungan dan rencana kegiatan foging untuk mencegah penyebaran penyakit DBD oleh petugas dari Puskesmas Kedungdung, Modung Bangkalan.

Terpisah, menurut Danramil 0829/02 Socah Kapten Inf Sahri menjelaskan, upaya yang dilakukan dalam program ini adalah bentuk nyata pembangunan sanitasi.

"Tentu kami menyambut ajakan dari Puskesmas Kedungdung untuk program ini agar program kami juga semakin terarah dan berhasil dalam membantu kesejahteraan masyarakat," jelasnya.
 
Dalam sosialisasi tersebut, Babinsa dilatih untuk bisa menginformasikan kepada masyarakat tentang sanitasi lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit DBD.  Selain itu mereka juga mendapatkan informasi tentang pengelolaan sampah organik maupun anorganik.
 
"Sampah terdiri dari dua jenis yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik bisa diolah kembali menjadi kompos sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang atau diolah menjadi kerajinan," imbuh Kapten Inf M. Sahri
 
Ia menjelaskan sanitasi lingkungan itu sendiri merupakan upaya bersama seluruh warga masyarakat, dengan kader sebagai penggerak utama Babinsa jajaran.