Targetkan Swasembada Jagung, Babinsa Cek Tanaman Jagung di Socah Bangkalan


Bangkalan, Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Dandim 0829/ Bangkalan Letkol Kav Ari Setyawan Widodo .S.Sos. memastikan,seluruh jajarannya, dari Koramil hingga Babinsa secara intensifkan melakukan pendampingan petani untuk memonitoring tanaman padi, jagung dan kedelai, Jum'at (10/1/2020).

 

"Koramil sampai Babinsa langsung saya perintahkan untuk turun ke sawah membantu petani, mengceken keadaan tanaman yang selama ini sudah dilaksanakan.Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat," kata Dandim saat ditemuai di Makodim 0829/Bangkalan, Jum'at (10/1/2020).

 

Upaya itu untuk menjaga keberhasilan program swasembada pangan pada tahun 2020 termasuk swasembada jagung. Mengingat, sebelumnya Kodim telah melakukan kerjasama dengan Pemkab untuk mensukseskan program swasembada pangan, tidak hanya padi dan kedelai saja namun jagung juga sangat berpotensi meningkat di Kabupaten Bangkalan.

 

Dikatakan Dandim, tujuan program tersebut untuk membentuk pola tanam secara kawasan sehingga ada penguatan kelembagaan. Baik dalam manajemen maupun kualitasnya, sehingga memiliki nilai tawar tinggi.

 

Sementara pantauan di lapangan, Danramil 0829/02 Socah, Kapten Inf M. Sahri memerintahkan Babinsa Kopda Domy Alfarisma di lokasi sedang mengecek dan menggontrol perkembangan tanamankelompok tani di wilayah binaannya, milik Kelompok Tani (Poktan) Sumuragung,  Samhori dan Poktan Jaya Abadi, Hasan bersama dengan PPL di desa Sanggra Agung Kecamatan Socah.   Hasil tanaman baik, diperkirakan hasil panen akan meningkatkan dari musim sebelumnya.