Pendampingan Petani, Babinsa Kedurus : Sulit Cari Tenaga Kerja Sawah Di Perkotaan


Foto : Babinsa Sertu Ekho Dampingi Petani |

SURABAYA ,- Babinsa Koramil 0832/06 Karangpilang Kodim 0832/Surabaya Selatan melakukan pendampingan petani dalam rangka Masa Tanam (MT) II di lahan sawah wilayah Kelurahan Kedurus Kecamatan Karangpilang Surabaya, Sabtu 30/07/2016.

Babinsa Sertu Ekho P. menyampaikan, melalui kegiatan pendampingan terhadap Pok Tani Kedurus Subur, telah diketahui untuk saat ini para generasi tua sudah banyak yang tidak kuat bekerja di sawah.

Ia menambahkan, keterangan yang didapatkan dari petani, saat ini mencari tenaga kerja di sekitar kita agak sulit. Hal ini dikarenakan generasi muda sudah banyak yang tidak mau bekerja di sawah, lebih baik bekerja di Perusahaan. Untuk itu, kami berusaha mencari tenaga orang dari Pedesaan, ini berlanjut hingga masa panen,” terang Babinsa, saat komunikasi dengan petani Bapak Parman.

Perlu diketahui, bahwa pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa terhadap Petani, terkait dengan Program Pemerintah tentang “Ketahanan Pangan Nasional” melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Dinas Pertanian di Kabupaten dan Kota bekerja sama dengan Satuan Teritorial TNI AD.

Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa, antara lain mulai dari menyiapkan lahan, masa tanam dan panen, maupun segala kebutuhan dan keperluan lainnya termasuk tingkat kesulitan petani. Selanjutnya dilaporkan ke Komando Atas, menjadikan perhatian dan sebagai bahan masukan ke Dinas Pertanian setempat agar ditindaklanjuti.

Diharapkan dengan terpenuhinya kebutuhan petani, bisa meningkatkan produksi padi. Sehingga dapat mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada Beras, dan tercapainya Ketahanan Pangan Nasional.

(MCDim0832_Srt Ags)

[ Kodim 0832 ] 



http://mediasurabaya.com