Ribuan PNS Ramaikan Peringatan HUT KORPRI ke-47 di Kodam V/Brawijaya



Surabaya, - Upacara peringatan HUT Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) ke 47 dipimpin langsung Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya Brigjen TNI Bambang Ismawan di lapangan Makodam, Kamis (29/11) pagi.

Presiden Joko widodo selaku Penasehat Nasional Korpri yang dibacakan Kasdam V/Brawijaya menyebutkan, sudah 47 tahun Korpri beserta seluruh jajaran PNS (Pegawai Negeri Sipil) memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Jajaran PNS telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional.

"Apa yang telah kita capai sampai hari ini, tidak terlepas dari peran serta PNS yang bekerja di semua sektor, semua level pemerintahan, dan semua wilayah di lndonesia serta perwakilan di luar negeri," ungkap Presiden dalam amanat yang dibacakan Kasdam dihadapan PNS yang berdinas di Kodam V Brawijaya.

Kasdam menambahkan, upaya memberikan yang lebih baik terhadap masyarakat, bangsa dan negara ini harus terus ditingkatkan. Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang pesat maka PNS juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman.

Abdi negara ini juga harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

"Kepada PNS di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor, saya minta untuk tidak terjebak dengan ego sektoral, ego organisasi, atau ego-programnya masing-masing," ujarnya. 

Sekali lagi semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral bahkan juga lintas daerah. "Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin PNS bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara," kata presiden dalam amanatnya.

Dalam kesempatan itu presiden juga meminta jaiaran PNS untuk segera memperkuat diri menjadi agen transformasi penguatan SDM, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa.

"Dengan peran PNS yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, saya yakin transformasi kualitas SDM ini bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa," ujarnya.
 
Kasdam juga menghimbau kepada PNS Kodam V Brawijaya agar memberikan pelayanan birokrasi yang makin cepat, makin akurat, makin murah dan makin baik. Tinggalkan mentalitas priyayi atau penguasa. 

"Jadilah birokrat yang melayani dan mengabdi dengan sepenuh hati untuk kejayaan bangsa dan kesejahteraan rakyat," singkat Kasdam.
 
Setelah kegiatan upacara selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada PNS Dwi Puji Cahyani dari satuan Pendam V/Brawijaya sebagai PNS yang tertua yang akan memasuki masa purna bhakti, diiringi tampilan dua lagu dari kelompok Paduan Suara dari satuan Kesehatan Kodam V/Brawijaya.