Kodim 0829 Bangkalan Tanamkan Wawasan Kebangsaan pada Menwa UTM


Bangkalan, Anggota Kodim 0829/Bangkalan memberikan pembekalanm wawasan kebangsaan kepada 12 anggota Mahasiswa Universitas Trunojoya Madura (UTM)   yang akan direkrut menjadi Resimen Mahasiswa di Universitas Trunojoya Kabupaten Bangkalan.

 

Adapun personel yang terlibat pemberi materi diantaranya Serma Faruq, Sertu Mahfud, Serda Suherman, Staf Pers dan Bintara Fourir Kodim 0829/Bangkalan.

 

Sedangkan materi yang diberikan pada mahasiswa yaitu Pengenalan Senjata, Tata Upacara, Wawasan kebangsaan dan Pengenalan Alarm Stelling.

 

Dalam pemaparannya kepada anggota Mahasiswa UTM, Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0829/Bangkalan Kapten Inf Sutejo mengangkat isu ancaman proxy war sebagai bagian dari pembekalan wawasan kebangsaan.

 

Menurutnya, ancaman proxy war sangat berpengaruh bagi bangsa Indonesia. Khususnya kepada keamanan negara karena sifatnya yang sangat merusak.

 

Karena itu, dia berharap mahasiswa sebagai bagian dari generasi muda intelektual mampu menjadi pelopor dalam menjaga dan mengemplementasikan Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk menangkal ancaman proxy war.

 

Menurut Dandim 0829/Bangkalan Letnan Kolonel Kav Ari Setyawan Wibowo secara terpisah mengatakan bahwa pihaknya punya kewajiban untuk membina generasi muda bangsa Indonesia agar menjadi generasi yang diandalkan bangsa dan negara.

 

"Semua yang ada di dunia ini pasti memerlukan regenerasi karena semua pasti ada masanya. Demikian halnya bangsa Indonesia yang sangat memerlukan generasinya dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa," ujarnya berkomentar soal kegiatan pembinaan kepada Mahasiswa UTM tersebut.