Pa Sandi Kodim 0829 Bangkalan, Menghadiri Rakor Peningkatan Toleransi Dan Kerukunan Dalam Kehidupan Bersama


Bangkalan, Pa Sandi Kodim 0829 Bangkalan Letda Inf Supono Menghadiri Rakor Peningkatan Toleransi Dan Kerukunan Dalam Kehidupan Bersama bertempat di kantor Bakesbang Pol Kabupaten bangkalan, Rabu (13/11/2019)

Pada rapat koordinasi diawali dengan sambutan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik bapak Drs. Bambang Setyawan,MM yang intinya :

 

a.  Melalui forum ini kita akan memulai kegiatan kegiatan yg akan mengawal serta menciptakan kondisi dan situasi yg tetap kondusif untuk Kab. Bangkalan.

 

b. Terkait kekosongan kepengurusan FKUB kami akan melakukan pertemuan dgn pihak terkait, akan diajukan nama-nama ke Bupati, karena yang menebitkan SK kepengurusan FKUB adalah Bupati Bangkalan.

 

Selanjutnya sambutan Ketua FKUB Kab. Bangkalan KH. Zainul Abidin yg intiny sbb :

 

a. Berbicara agama sangatlah sensitif, antar umat beragama dalam memelihara kerukunan sudah cukup baik.

 

b. Yang melahirkan FKUB adalah Kementerian Agama, melalui FKUB ini terkumpulnya umat beragama sebagai ujung tombak di kampung-kampung yang bisa memberikan moderasi beragama yang berbasis kemanuasiaan.

 

c. Menjelang Natal dan tahun 2020 Melalui forum kerukunan ummat beragama ini, kami mengajak kpd pimpinan Agama utk memberikan arahan/ himbauan kepada anggota/ jamaahnya  demi terciptanya situasi yg kondusif.

 

Pada pukul 10.20 WIB dilanjutkan sambutan  Bapak Samsul Muarif ( Kemenag)  yang intinya :

 

a. forum kerukunanan  tdk dapat bekerja sendiri melalui peran anggota TNI-Polri alhamdulillah bangkalan tetap kondusif, tidak menutup kemungkinan berdasarkan faktor pengaruh media membuat kita lebih mengenal dan mengetahui informasi yg lebih banyak, perlu adanya kebersamaan untuk mendinginkan suasana agar situasi di bangkalan tetap kondusif.

 

b. Perbedaan pendapat serta pilihan hendaknya jangan lagi menjadi permasalahan agar persatuan dan kesatuan bangsa ini tetap terjaga keutuhannya, Mudah - mudahan melalui forum kerukunan ummat beragama ini bisa memediasi situasi kerukunan di tengah tengah masyarakat bisa menepatkan diri.

 

Pada kesempatan tersebut perwakilan dari Kodim 0829/Bangkalan yaiitu  Pa Sandi Kodim 0829 Letda Inf Supono menyampaikan sambutan yang intinya :

 

a. Kami dari pihak kodim bekerja sama dgn pemerintah dan polri slalu bekerja sama perkembangan situasi yg menonjol supaya tetap dalam kondusi aman dan kondusif.

 

b. Kami sudah melakukan pendekatan- pendekatan, merangkul mereka agar tidak melakukan kegiatan khususnya di bangkalan agar tercipta situasi yang kondusif di masyarakat.

 

Pada pukul 11.10 WIB kegiatan rapat koordinasi peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bersama selesai.