Babinsa Koramil 0829/18 Kokop Bangkalan Bantu Petani Bajak Sawah menggunakan Sapi


Bangkalan, - Koramil 0829/18 Kokop jajaran Kodim 0829/Bangkalan di bawah pimpinan Danramil Kapten Inf Kusnomo, perintahkan para Babinsa intensif melaksanakan pendampingan pertanian dengan warga desa binaannya masing-masing.

 

Seperti yang dilakukan Babinsa salah satu desa yaitu Desa Batu Korogen Kecamatan Kokop, Jum'at (7/2/2020) pagi. Di sana Babinsa membantu kelompok tani yang masih membajak sawah secara tradisional. Babinsa membantu para petani dengan tenaganya untuk menarik sapi dan membajak lahan sawah, sebelum ditananami.

 

Nyingkal (bahasa Jawa), atau membajak sawah dengan alat tradisional yang ditarik atau digeret oleh satu atau dua ekor sapi atau kerbau memang masih dilakukan oleh sebagian petani di wilayah Kabupaten Bangkalan.

 

Meski tidak semua petani melakukannya, namun alat bajak tradisional tersebut masih menjadi andalan untuk mengerjakan lahan pertanian di wilayah setempat. Hal itu dilakukan bukan berarti sejumlah petani tidak mau menggunakan bajak mesin atau traktor. Namun, kondisi daerah, membuat sebagian petani di bilangan merasa kesulitan jika harus membawa bajak mesin atau traktor.

 

"Sebagian kondisi area persawahan berada di perkebunan, sehingga membuat sebagian petani kesulitan jika menurunkan atau menaikkan traktor ke sawah, oleh karenanya mereka memilih menggunakan ternak sapi dan bajak tradisional," kata Serda Kasturi, salah seorang Babinsa Koramil 0829/18 Kokop yang membantu petani, Jum'at (7/2/2020).