Danramil 0829/03 Kamal Bangkalan Dampingi Petani Perawatan Tanaman Padi


Bangkalan - Danramil 0829/03 Kamal jajaran Kodim 0829/Bangkalan Kapten Inf Joko Darmawan turun langsung melaksanakan pendampingan perawatan tanaman Padi di Desa Telang Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan, Selasa (4/2/2020)

 

Di sela-sela kegiatan, Danramil 0829/03 Kamal Kapten Inf Joko Darmawan mengatakan, kegiatan pendampingan perawatan tanaman Padi, di lahan seluas 0,6 hektar milik Supriyadi.

 

Pada perawatan tanaman Padi tersebut, lanjut Danramil, dilakukan penyiangan gulma dan rumput liar sekaligus pengamatan hama, penyakit dan organisme pengganggu tanaman (OPT) lainnya.  

 

Sementara Supriyadi pemilik lahan menuturkan, tanaman Padi miliknya saat ini sudah berumur 60 hari dan terbebas dari hama dan penyakit. 

 

"Hal ini karena selama masa pertumbuhan rutin melakukan penyiangan gulma, memupuk tanaman secara berimbang dan penyemprotan menggunakan herbisida dan fungisida yang sudah dikonsultasikan dengan PPL," terangnya.

 

Ginting juga sangat berterima kasih atas kerjasama Koramil 0829/03 Kamal dan Babinsa yang selalu mendampinginya mulai pemilihan benih, masa pengolahan tanah, saat tanam dan hingga masa perawatan saat ini.

 

Danramil 0829/03 Kamal Kapten Inf Joko Darmawan juga menjelaskan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan Danramil dan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus (Upsus) demi percepatan pencapaian swasembada pangan.

 

"Dengan terjunnya para Babinsa mampu memotivasi para petani untuk meningkatkan produktifitas panen guna percepatan swasembada pangan, yang dengan sendirinya akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan petani," tegasnya.