Dandim 0829 dan Kapolres Kunjungi Warga Terdampak Banjir Terjang Dua Dusun diArosbaya-Bangkalan


Bangkalan, Dandim 0829 Bangkalan Letkol Kav Ari Setywan Wibowo Bersama Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra kunjungi warga terdampak dan lokasi banjir luapan air sungai di desa Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (26/02/2020)

 

Kunjungan tersebut untuk mengetahui para korban terdampak banjir dan melakukan pengecekan secara langsung Polsek Arosbaya yang nantinya akan di jadikan posko pengungsian bila sewaktu waktu diperlukan.

 

Banjir akibat hujan deras pada Selasa (25/2/2020) malam kemarin, dua dusun di Desa Arosbaya, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan tergenang air setinggi lutut orang dewasa.

 

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Moris. Ia mengatakan, dua dusun yang tergenang air yaitu Dusun Morlorong dengan jumlah penduduk 100 KK (Kartu Keluarga), dan Dusun Ranggujeng dengan jumlah penghuni 80 KK.

 

"Air masuk pada pukul 6 pagi tadi, kiriman dari Geger, ketinggian sekitar 40 cm," terang Rizal, Rabu (26/2/2020).

 

"Kondisi saat ini air sudah surut, baik di pemukiman maupun di jalan raya," tambah dia.

Rizal menambahkan, pihaknya sudah melakukan upaya dalam menanggulangi bencana banjir tahunan tersebut, dengan membentu Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Arosbaya.

 

Destana tersebut kata dia, sebagai upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi atau tanggap bencana.

 

"Jadi warga desa Arosbaya sudah paham apa yang harus dilakukan saat banjir datang sebelum bantuan dari kabupaten datang. Ini penting agar dampak dari banjir bisa di minimalisir terutama dari segi kerugian harta benda ataupun korban jiwa," tutupnya.