Kodam V/Brawijaya Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Karier Kedua Bagi Prajurit Kodam V/Brawijaya Tahun 2020


Surabaya | – Demi menyalurkan sumber daya Prajurit yang dibutuhkan atas dasar permintaan, Kodam V/Brawijaya menggelar Sosialisasi Penyelenggaraan Karier Kedua bagi Prajurit Kodam V/Brawijaya tahun 2020, yang digelar di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Kamis, (6/2/2020).
"Untuk itu, agar tercapai pemerataan informasi tentang penyaluran dan penyelenggaraan karier kedua bagi Prajurit TNI-AD khususnya Prajurit Kodam V/Brawijaya, maka perlu dilaksanakan Sosialisasi ini," demikian disampaikan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe PB, dalam sambutannya yang dibacakan Aspers Kasdam V/Brawijaya, Kolonel Inf R. Dwi Tjahjo Harsono, SE. M.Si

Pangdam menegaskan, sosialisasi ini dilaksanakan guna menambah pengetahuan Prajurit tentang tata cara penyelenggaraan karier kedua bagi prajurit TNI-AD, khususnya Prajurit Kodam V/Brawijaya.

"Agar personel memahami dengan benar, aturan yang berlaku terkait mekanisme dan prosedur dalam memberikan pelayanan kepada Prajurit yang ingin mengikuti program alih profesi diluar institusi TNI," terang Pangdam.

Mayjen TNI Wisnoe PB juga mengatakan, bahwa, terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi bagi Prajurit yang berminat untuk alih profesi.

"Yakni, menjalani ikatan dinas minimal 20 tahun, mempunyai bakat dan keahlian yang dapat dikembangkan di tempat kerja baru, bersedia diberhentikan secara hormat dari dinas keprajuritan dengan hak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta memenuhi persyaratan khusus yang ditentukan instansi pengguna," beber Pangdam.

Keberhasilan pencapaian sasaran dalam acara sosialisasi ini, tergantung pada para pesertanya. Pangdam berharap, ada komunikasi timbal balik antara tim sosialisasi dengan para peserta.

"Tanyakan hal-hal yang belum dimengerti, sehingga tim mengetahui dan mengerti apa yang menjadi kesulitan dari para peserta sosialisasi. Sebaliknya, diharapkan para peserta dapat menyimak dan menyerap dengan baik materi yang disampaikan tim," harap Pangdam.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi penyelenggaraan karier kedua bagi Prajurit Kodam V/Brawijaya antara lain,  15 undangan dari Pimpinan PT di wilayah Jawa Timur, serta pejabat pers dan anggota yang akan pensiun pada 2020 berjumlah 115 orang serta diasistensi oleh Tim dari Spersad.