Komsos merupakan Sarana Babinsa Koramil 0830/02 Semampir mengumpulkan Informasi di wilayah tugas


Surabaya,- Babinsa atau Bintara Pembina Desa di katakan profesional menjalankan tugasnya adalah ketika dia mampu menguasai wilayah binaannya. Sedangkan untuk menguasai wilayah binaannya masing-masing, mereka harus bekerja keras, ulet, aktif di wilayah bahkan kadang kala harus rela mengorbankan waktu disaat-saat harusnya berkumpul dengan keluarga.

Banyak macam, cara, dan metode seorang Babinsa dalam menguasai wilayah, salah satunya dan yang paling terbulti adalah dengan cara komunikasi sosial (komsos) dengan warga binaan masing-masing Babinsa. Komsos pun dapat dilaksanakan di mana saja, bisa di warung, sekolahan, perkantoran bahkan dipinggir jalan sekalipun.

Seperti yang dilaksanakan oleh Sertu Hamdani Babinsa Koramil 0830/02 Semampir pagi ini, dia menyambangi salah satu tokoh masyarakat di wilayah tugasnya. Rabu (25/10/2017)

Terkait Kamtibmas, Sertu Hamdani menyarankan kepada tokoh masyarakat, karena biasanya melalui tokoh masyarakat warga akan mengikuti. Saran dari Sertu Hamdani agar warga turut aktif menjaga kamtibmas di wilayah.

Selain memberikan saran, Sertu Hamdani juga menekankan agar maksimalkan dalam menjaga keamanan lingkungan, khususnya pada saat apabila ada rumah warga yang ditinggalkan untuk mudik, agar tingakatkan siskamling dan patroli lingkungan baik siang dan malam secara bergiliran.

Yang dilakukan Sertu Hamdani adalah salah satu cara dia untuk menguasai wilayah binaan dengan cara komsos. Selain memberikan saran-saran dan penekanan, pada kegiatan tersebut (komsos) Sertu Hamdani juga dapat menyerap semua informasi, kegiatan, kejadian di wilayah binaan, "komsos adalah ajang untuk mengumpulkan informasi". pungkas Danramil 0830/02 Semampir Mayor Inf Imam Suyoso,S.Ag