Tingkatkan Kualitas Petani, TMMD Kodim Ngawi Gelar Penyuluhan Pertanian


Ngawi,  – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 di Wilayah Kodim 0805 Ngawi tidak hanya melaksanakan kegiatan pembangunan jalan atau memperbaiki rumah, akan tetapi TMMD ke 100 ini juga memberikan penyuluhan kepada petani.

Bertempat di balai Desa Karanganyar Kabupaten Ngawi, Kodim 0805 Ngawi bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi memberikan penyuluhan pertanian kepada warga setempat yang bekerja sebagai petani, Jumat (20/10/17).

Kordinator BPP Karanganyar Bpk Wahyudi, secara khusus memberikan materi tentang peningkatan produksi jagung utamanya jagung hibrida. Tanaman ini sangat cocok untuk Kecamatan Karanganyar yang memiliki struktur tanah tandus.

   ''Jenis hibrida yang cocok di sini adalah tongkol dua. Serta teknologinya adalah memakai bibit unggul yang bermutu dan bersertifikat, pupuk organik dan pupuk kimia yang berimbang," tuturnya.

Menurutnya, Hama jagung yang paling ditakuti petani adalah hama penggerek tongkol, penggerek batang dan penyakit bule. Hama ini sebenarnya bisa dicegah, ketika masa tanam diredomil atau saromil. Untuk ketepatan, bibit dari pabrikan itu sudah ada unisidanya, diharapkan tidak akan terserang penyakit bule, kalaupun terserang kemungkinannya kecil.

Sementara itu, Kepala Desa Karanganyar Setya Budi mengatakan, kegiatan penyuluhan pertanian bagian dari program TMMD ini sangat bermanfaat. Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan produksi tanam jagung yang baik bagi warga Desa Karanganyar.

"Masyarakat kami itu mayoritas petani, lahan di sini memang cocoknya ditanami ketela dan jagung. Semoga penyuluhan ini bisa membawa manfaat karena mungkin masih ada beberapa petani yang tidak tahu cara bercocok tanam yang benar," ungkapnya