Koramil 0829/17 Bina Pramuka Sakawira Kartika SMAN 1 Tanjung Bumi Bangkalan


Bangkalan, Sejumlah anggota Pramuka  Saka Wira Kartika SMAN 1 Tanjung Bumi, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan pada MInggu (15/3/2020) mengikuti pembinaan Pramuka oleh personel Koramil 0829/17 Tanjung Bumi jajaran Kodim 0829/Bangkalan.

 

"Pembinaan tersebut merupakan pembinaan rutin dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan anggota Pramuka Saka Wira Kartika, kata Danramil 0829/17 Tanjung Bumi Kapten Inf Parnowo yang turut hadir menyaksikan jalannya pembinaan dan pelatihan rutin tersebut.

 

Pembinaan dan pelatihan yang diikuti oleh 250 siswa tersebut diisi oleh Sertu Purwanto, dan 2 orang anggota Koramil 0829/17 Tanjung Bumi. Materi yang diberikan yakni navigasi darat (Navrat), Pionering, Peraturan Baris Berbaris (PBB), penyebrangan basah, dan morse.

 

Meteri-materi tersebut merupakan materi pokok kepramukaan sehingga guna memantapkan kemampuan dan ketrampilan anggota Pramuka Saka Wira Kartika tersebut.

 

Menyikapi kegiatan tersebut, Komadan Distrik Militer (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Kav Ary Styawan Wibowo mengatakan bahwa pembinaan tersebut merupakan implementasi dari program kerja sama antara pengurus Kwarnas Pramuka dengan TNI AD dalam pembinaan kepramukaan yang diberi nama Pramuka Saka Wira Kartika.

 

"Sebagai pelaksananya tentunya Koramil jajaran Kodim dengan melakukan kerjasama dan koordinasi dengan Kwartir Cabang untuk Tingkat Kabupaten dan Kwartir Ranting untuk Tingkat Kecamatan, maupun dengan pihak-pihak sekolah," terangnya.