Koramil Socah Bangkalan Bangun Jamban Sehat Bagi Warga Kurang Mampu


Bangkalan, Dalam rangka membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Koramil 02/Socah jajaran Kodim 0829/Bangkalan gelar Karya Bakti Gema Sang Juara pembuatan jamban sehat bagi keluarga kurang mampu di wilayah binaannya.

 

Menurut Danramil 02/Socah Kapten Inf M. Sahri mengatakan bahwa program jambanisasi yang dilaksanakan Koramil 02/Socah menyasar sejumlah rumah warga di wilayah binaan. Penentuan sasaran program jambanisasi itu berdasarkan dari hasil survey di lapangan dan koordinasi Babinsa dengan pihak Desa.

 

"Penentuan sasaran, tentunya dengan beberapa kriteria. Diantaranya warga yang berpenghasilan di bawah rata-rata UMK dan belum memiliki jamban," terangnya.

 

Lebih lanjut disampaikan, ini merupakan salah satu bentuk konkret pembinaan teritorial (Binter) melalui program Bakti TNI dalam rangka pembinaan wilayah demi tewujudnya ketahanan wilayah.

 

"Program jambanisasi bagi keluarga kurang beruntung secara ekonomi ini merupakan upaya TNI dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," tegasnya.

 

Dalam pembuatan jamban sehat tersebut, ujar Danramil, dikerjakan oleh anggota Koramil 02/Socah bersama warga masyarakat setempat.

 

"Program ini dimulai sejak awal hingga akhur bulan April hingga ini, targetnya sudah dapat dituntaskan," ucapnya.

 

Danramil berharap dengan adanya program ini, akan mewujudkan kesadaran warga untuk menciptakan lingkungan sehat dan nyaman.

 

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dan gotong-royong serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

 

Sementara itu ditempat terpisah, Subeki (51), warga Desa keleyan Kecamatan Socah, salah satu penerima bantuan jamban mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan jamban sehat untuk keluarganya.

 

"Terima kasih kepada Bapak Danramil dan anggota TNI dari Koramil 02/Socah yang telah membangun jamban bagi keluarga kami," ungkapnya.

 

Hal serupa diungkapkan Gufron (45), warga 02/Socah, yang juga menerima bantuan program jambanisasi dari Koramil 02/Socah Kodim 0829/Bangkalan.