Kodim 0829/Bangkalan Peringati Hari Tahun Baru Islam 1441 H / 2019 M


Bangkalan,- Kodim 0829/Bangkalan memperingati Hari Tahun Baru Islam 1441H/2019 M,  dengan Tema "Jadikan Hikmah Tahun Baru Islam 1441/2019 M Sebagai Momentum Peningkatan Iman Dan Profesoinalisme Prajurit Guna Mendukung Tugas Pokok TNI," bertempat di Masjid An-Nur Kodim 0829/Bangkalan, Senin (16/9).

Dalam sambutan Dandim 0829/ Bangkalan Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo, S.Sos menyampaikan bahwa :

 

a.  Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat alloh SWT atas berkah rahmat dqn karunia-Nya kita bisa bersama hadir di masjid An-Nur Kodim 0829/Bangkalan dalam keadaan sehat walafiat.

 

b. Pada kesempatan ini kita semua memperingati Tahun Baru Hijriyah tak terasa satu tahun berlalu kini kita telah memasuki Tahun Baru Islam 1441 H dengan konsinsi insyaallah akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

 

c. Dinamakan Tahun Hijriyah karena penentuan tahun baru Islam di dasarkan kepada peristiwa hijrahnya Nabiuhammad SAW beserta sahabatnya yang telah memeluk Islam.

 

d. Hijrah di jaman sekarang bukalan berarti harus pindah dari suatu tempat ke tempat lain, Hijrah di jaman sekarang lebih dimaknai berupa sebagai peningkatan keimanan kita dari masa - masa yang lampu.

Sedangkan Ceramah Hikmah Tahun Baru Islam 1441 H oleh Almukarrom Usdat Ali menyampaikan bahwa :


a. Bulan Muharram merupakan bulan pertama di tahun hijrah dan menjadi salah satu bulan yang paling diistimewakan oleh Allah SWT.

 

b. Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya Tahun Baru Islam, seperti berpuasa, umat islam sebaiknya menyambut dengan mendekatkan diri pada Sang Pencipta, mengingat bulan tersebut sangat istimewa.

 

c. Jika kita bicara tahun baru Hijriyah maka ingatan kita teringat kembali kepada perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan Agama Islam di kota Mekkah selama 13 tahun sambil berdakwah dan menyebarkan agama Islam dalam menegakkan Panji-panji Islam di Jazirah Arab,


Hadir dalam kegitan tersebut Dandim 0829/ Bangkalan Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo, S.Sos, Kasdim 0829/ Bangkalan Mayor Inf Mahfud  Rofi', S.Pd, Ustad Almukarrom Usdat Ali, Kaminvet Bangkalan, Perwira Staf dan Jajaran Danramil se Kodim 0829/Bangkalan, Subdenpom dan Poskesdim 0829, Prajurit Ba, Ta dan PNS kodim 0829/Bangkalan serta Ibu ketua Persit KCK Cab XLVIII Kodim beseta Pengurus dan Anggota.