Pasiintel Kodim Bangkalan Hadiri Rakor Peningkatan Toleransi Dan Kerukunan Dalam Kehidupan Bersama


Bangkalan, Bertempat di kantor Bakesbang Pol Kab. Bangkalan telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Peningkatan Toleransi Dan Kerukunan Dalam Kehidupan Bersama, yang dihadiri Pasiintel Kodim 0829/Bangkalan Kapten CHB. M. Tohari bersama 25 orang undangan sebagai penanggung jawab kegiatan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Bangkalan Bapak Drs. Bambang Setyawan, MM.

 

Dalam kesempatan tersebut, sambutan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik bapak Drs. Bambang Setyawan, MM, yang intinya :

 

a.  Melalui forum ini kita akan memulai kegiatan kegiatan yg akan mengawal serta menciptakan kondisi dan situasi yang tetap kondusif untuk Kab. Bangkalan.

 

b. Harapan kedepan melalui forum ini mari kita bisa membantu program- program Pemerintah Daerah yang di canangkan demi masyarakat Kab. Bangkalan Bersholawat.

 

Sedangkan sambutan  Bapak Samsul Muarif ( Kemenag), yang intinya :

 

a.  Forum kerukunanan  tidak dapat bekerja sendiri tanpa melalui peran anggota TNI-Polri alhamdulillah bangkalan tetap kondusif, tidak menutup kemungkinan berdasarkan faktor pengaruh media membuat kita lebih mengenal dan mengetahui informasi yang lebih banyak, perlu adanya kebersamaan untuk mendinginkan suasana agar situasi di Kab. Bangkalan tetap kondusif.

 

b. Perbedaan pendapat serta pilihan hendaknya jangan lagi menjadi permasalahan agar persatuan dan kesatuan bangsa ini tetap terjaga keutuhannya, Mudah - mudahan melalui forum kerukunan ummat beragama ini bisa memediasi situasi kerukunan di tengah tengah masyarakat bisa menepatkan diri.

 

Adapun sambutan berikutnya oleh K.H. Makki Nasir ( Ketua PCNU Bangkalan ), yang intinya :

 

a. Kerukanan merupakan komonikasi, mampu menjalin karena itu untuk mewujudkan kerukunan ummat beragama di Indonesia, masyarakat harus berpedoman pada nilai-nilai agama yang mengajarkan kedamaian, serta saling menghormati, supaya tidak menimbulkan  konflik antar agama khususnya di Kab. Bangkalan.

 

b. Harapan kami agar masyarakat bisa hidup tentram dalam melakukan aktifitasnya agar tetap tercipta kondusifitas nasional.

 

Staf Depag Bangkalan Drs. Samsul S.Ag menyampaikan Program 2020 Departemem Agama dengan program Moderasi Hidup Beragama, walaupun ada perbedaan  agama di indonesia tapi program yang di canangkan oleh Pemerintah Pusat  bertujuan Mewujudkan Indonesia yang Damai.

 

Pada pukul 10.50 WIB Pasintel Kodim 0829/Bangkalan Kapten CHB M. Tohari, bekesemapatan memberikan sambutan yang intinya :

 

a. Kami dari pihak Kodim 0829/Bkl bekerja sama dengan pemerintah dan Polri selalu bekerja sama perkembangan situasi yang menonjol supaya tetap dalam kondusi aman dan kondusif.

 

b. Kami sudah melakukan pendekatan pendekatan, merangkul mereka agar tidak melakukan kegiatan khususnya di bangkalan agar tercipta situasi yang kondusif di masyarakat.

 

c. Melalui forum kerukunan ummat beragama ini, kami mengajak kepada pimpinan Agama untuk memberikan arahan/himbauan kepada anggota/jamaahnya  demi terciptanya situasi yang kondusif.

 

d. Kami mengajak dan menghimbau untuk tidak mudah terprovokasi dan memberikan masukan supaya tidak terpengaruh dengan adanya gejolak yang terjadi diwilayah lain, sehingga tidak terjadi diwilayah Kab. Bangkalan.

 

Pukul 11.30 WIB Rapat koordinasi Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Kehidupan Bersama telah selesai.selama kegiatan berjalan tertib, aman dan lancar.