Babinsa Koramil Tanah Merah Monitoring Harga Sembako di Pasar Tradisional



Bangkalan, Berbagai cara yang dilakukan Kodim 0829/Bangkalan dan jajarannya untuk membantu kesejahteraan masyarakat. Salah satu di antaranya dengan menurunkan bintara pembina desa (babinsa) ke pasar tradisional atau toko sembako untuk mengetahui mutu daya beli masyarakat terhadap kebutuhan sembako di pasaran.

Seperti dilakukan Babinsa Koramil 0829/06 Tanah Merah jajaran Kodim 0829/Bangkalan, Sertu Budiono, melaksanakan kegiatan monitoring perkembangan harga sembako di Pasar tradisional Langkap Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Senin (28/05/2018).

Upaya itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para personel jajaran Kodim 0829/Bangkalan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga yang dilakukan para penyedia sembako tersebut. Selain itu, bertujuan untuk pengumpulan data teritorial (Puldatater) di antaranya melalui kegiatan monitoring harga sembako khususnya beras, bertempat di pasar tradisional.

Menurut Danramil 0829/06 Tanah Merah Kapten Inf Suharjo, Babinsa melalukan pendataan harga sembako di pasar Kecamatan Tanah Merah Bangkalan, dengan hasil harga kebutuhan pokok sehari hari masih stabil. Hal itu dilakukan guna mencegah maupun mengantisipasi adanya oknum-oknum yang sengaja menaikkan harga penjualan sembako di pasaran.

 "Semua toko maupun pasar tradisional kita data. Hal itu kita lakukan guna mencegah tejadinya pelonjakan harga yang dilakukan oknum-oknum pedagang nakal," katanya seraya menambahkan, pemantauan terhadap daya beli masyarakat itu nantinya akan dilaporkan ke pimpinannya sebagai hasil pendataan harga maupun daya beli masyarakat di pasaran