Anggota Koramil Bersama Komponen Masyarakat Karya Bakti Bersihkan Sampah di Aliran Sungai dan Jembatan Lebak Arosbaya


Bangkalan,  Kebersamaan dan Gotong Royong merupakan semangat dan ciri khas masyarakat yang harus terus dibina dan ditingkatkan untuk kemajuan dan menjalin persatuan kesatuan, hidup damai sentosa serta menciptakan keindahan dan kenyamanan lingkungan.


Seperti yang dilakukan oleh Danramil 0829/13 Arosbaya jajaran Kodim 0829/Bangkalan Kapten Arh Kristanto bersama tujuh Bintara Pembina Desa (Babinsa), anggota Polsek, anggota Kecamatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ormas, Pelajar bersama warga masyarakat melaksanakan karya bakti dengan sasaran pembersihan sampah.  

Pasca banjir di Kecamatan Arosbaya , tak heran, sampah di sekitar aliran sungai dan jembatan Lebak Arosbaya kian menumpuk. Padahal, sampah tersebut termasuk salah satu penyebab pendangkalan sungai. Selain itu juga menyebabkan air di sungai tersebut cepat meluap. 

Menurut pantauan, selama bertahun-tahun lokasi tersebut memang digunakan warga untuk membuang sampah. Berulang kali terpasang himbauan dilarang membuang sampah, namun tidak diindahkan hingga papan himbauan tenggelam oleh tumpukan sampah. 


Kondisi tersebutlah yang mendorong Danramil 0829/13 Arosbaya dan anggota Babinsa bersama warga masyarakat dan komponen lainnya, untuk bergotong royong guna melaksanakan pembersihan sampah sehingga aliran air jadi lancar dan jalan tampak lebih bersih membuat nyaman warga masyarakat setempat.

Menurut Danramil 0829/13 Arosbaya jajaran Kodim 0829/Bangkalan Kapten Arh Kristanto, upaya pembersihan lingkungan dan saluran air serta jalan desa sangat dibutuhkan masyarakat sehingga lingkungan tidak terlihat kumuh dan kotor.

"Untuk itu, pada kesempatan ini saya menghimbau kepada masyarakat agar benar-benar peduli terhadap kondisi di sekitarnya. Sekiranya ada lingkungan yang kotor dan kumuh, hendaknya segera dilaksanakan kerja bakti. Kalau memang membutuhkan tenaga TNI, silahkan koordinasikan dengan Babinsa," tutur Danramil.