Markas Kodim 0829 Bangkalan Berhias Tanaman Hortikultura


Bangkalan, Dua buah meriam dan puluhan anggota Tentara Nasional Indonesia berpakaian loreng menciptakan kesan seram di Markas Kodim 0829 Bangkalan. Kesan itu sedikit berkurang setelah seluruh lahan kosong di Markas Kodim Bangkalan dihiasi dengan aneka jenis tanaman holtikulturan dalam pot plastik atau polybag.

Saat memasuki gerbang utama, jejeran pohon brokoli langsung menyambut. Di depan pos jaga utama, buah kol dijejer rapi. Susunan pohon tomat yang penuh dengan buah menghiasi seluruh teras kantor Kodim, termasuk di depan ruang kerja Komandan Kodim Bangkalan.

"Ratusan polybag dengan enam jenis sayuran, di antaranya cabai, terong, kol, dan brokoli," kata Komandan Kodim Bangkalan Letnan Kolonel Arm Dodot Sugeng Heriadi, Senin (18/3/2019).

 

Menurut Dandim, ide menghias kantornya di Area Rumah Toga Kodim 0829/Bangkalan dengan tanaman hortikultura bermula pada keprihatinannya melihat banyak lahan kosong di markas dan rumah dinasnya terbengkalai. Dari situ, muncul ide mengisi lahan kosong tersebut dengan tanaman hortikultura. 

Pekarangan belakang rumah dinasnya yang memiliki luas sekitar 100 meter persegi dijadikan tempat pembibitan. Jika ada bibit yang berhasil tumbuh sehat, polybag kemudian dipindah ke Markas Kodim yang berjarak puluhan meter dari rumah dinasnya. Buah yang dipanen tidak untuk dijual, tapi untuk dikonsumsi anggota. "Nanti semua rumah anggota dan markas koramil juga harus berhias hortikultura jika ada ruang kosong," pungkasnya