Tiga Pilar Kecamatan Bersama Koramil Konang Bangkalan, Tingkatkan Peran Satlinmas Melalui Bimtek


Bangkalan, Jajaran Muspika kecamatan Konang Bangkalan bersama Koramil 0829/11 Konang jajaran Kodim 0829/Bangkalan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pada anggota Satuan Perlindungan Masyarakat atau Satlinmas dalam rangka pengamanan Pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019, bertempat diPendopo kantor Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan, Kamis (14/3/2019)

 

Bimtek tersebut bertujuan meningkatkan peran Satuan Linmas  untuk mendukung keamanan ketertiban masyarakat (kamtramtibmas) serta penanggulangan bencana oleh 3 Pilar Kecamatan Konang Bangkalan. 

 

Kegiatan yang dihadiri oleh Kabid SDA Satpol PP Pemkab.Bangkalan Drs.Akhmad Tumiran Msi, Camat Konang Drs.H.Aman.MM, Danramil 0829/11 Konang Kapten Inf Kasnomo, Kapolsek Konang AKP Abdul Hamid, Ketua PPK  Berrih S.pdi, Komosioner Panwascam Sahidi S.pdi dan peserta sebanyak 216 orang, serta selaku Penanggung jawab kegiatan Kasatpol PP Kabupaten Bangkalan Bapak Ismet Efendi.

 

Camat Konang Drs.H.Aman.MM dalam sambutannya menyampaikan dengan inti ucapan terima kasih atas partisipasi, dukungan serta peran aktif anggota Linmas yang telah memberikan kontribusi kepada masyarakat dan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

 

"Peran Linmas tidak hanya membantu keamanan dan ketertiban saja, namun juga  mempunyai tugas membantu penanggulangan bencana, membantu kegiatan sosial serta upaya pertahanan Negara sesuai yang diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 30 Ayat 1," jelasnya.

 

Camat berharap kegiatan pembinaan agar diikuti oleh seluruh linmas yang hadir dan pahami serta pedomani pengarahan yg di sampaikan dalam kegiatan ini.

 

Sedangkan Kabid SDA Satpol PP Pemkab.Bangkalan Drs.Akhmad Tumiran Msi,menyampaikan "Sesuai peraturan Kemendagri No. 84 th.2014 bahwa anggota Linmas selain membantu giat bencana juga berkewajiban membantu pelaksanaan Pemilu," jelasnnya

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan "Pemkab.Bangkalan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 mampu menganggarkan pakaian linmas yg bagi anggota Linmas yg berjaga di TPS.  Mengenalkan Surat Suara Pemilu th.2019 pada anggota Linmas," pungkasnya.

Hal senada, Danramil 0829/11 Kapten Inf Kasnomo menambahkan, anggota Linmas merupakan ujung tombak yang ada di lapangan dalam rangka pertahanan dimasyarakat.

 

"Untuk itu, harapannya kegiatan ini dapat mewujudkan program perlindungan masyarakat yang dapat terus diberdayakan dan ditingkatkan perannya, terutama dalam menunjang program Pemerintah serta menghadapi situasi keamanan menjelang penyelenggaraan Pemilu Pilpres tahun 2019, serta harus dapat menjadi teladan bagi masyarakat di sekitarnya," paparnya.

 

Lebih lanjut Ia, menjelaskan "dari Jumlah Linmas yg ada di Kecamatan Konang untuk memaksimalkan tugasnya demi tercapainya tugas pokok.  Dalam pelaksanaan Pemilu TNI - Polri Netral.

 

Pelaksanaan Bimtek diisi materi dalam ruang kelas dan di luar ruangan. Diantaranya materi tersebut adalah berupa latihan baris berbaris, penanggulangan kebakaran, bencana alam dan pengaturan lalu lintas dari Koramil dan Polsek Konang.

 

Seluruh kegiatan Bimtek dari Koramil Koramil 0829/11 Konang ini diikuti dengan antusias oleh para anggota linmas yang mayoritas umur mereka tidak muda lagi.

 

Mereka bersemangat guna meningkatkan kemampuan dan kedisiplinan anggota limas, serta terciptanya koordinasi antara anggota linmas dengan TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.