Saatnya Indonesia Bebas TBC Mulai Dari Saya



mediasurabaya.com - SURABAYA - "Saatnya Indonesia Bebas TBC Mulai Dari Saya", tema tersebut diusung dalam rangka pencanangan dan penggalangan komitmen kampung barokah bebas asap rokok dalam rumah yang dilaksanakan oleh warga Kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya.

Dilaksanakan pada hari Kamis (14/03/2019) malam dan dihadiri oleh Camat Sambikerep, Danramil 0832/08 Lakar Santri, Lurah Made, Kepala UPTD Puskesmas Made, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Untuk diketahui, bahwa kegiatan pencanangan dan penggalangan tersebut dipelopori oleh UPTD Puskesmas Made, guna menyongsong hari TBC sedunia pada tanggal 24 Maret 2019 mendatang.

Mengutip dari wikipedia.org, Tuberkulosis (Tuberculosis, disingkat Tbc), atau Tb (singkatan dari "Tubercle bacillus") merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan.

Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium tuberculosis (disingkat "MTb" atau "MTbc"). Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya.

Tuberkulosis menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi TB aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara.

Infeksi TB umumnya bersifat asimtomatikdan laten. Namun hanya satu dari sepuluh kasus infeksi laten yang berkembang menjadi penyakit aktif. Bila Tuberkulosis tidak diobati maka lebih dari 50% orang yang terinfeksi bisa meninggal. [Dik]