Danramil 0829/08 Tragah Hadiri Kegiatan Temu Lapang Petani ( FFD) Pengembangan Ubi Kayu di Desa Bajeman


Bangkalan, Komandan Rayon Militer (Danramil) 0829/08 Tragah jajaran Kodim 0829/Bangkalan Kapten Inf Slamet Gunarto menghadiri kegiatan hari temu lapang petani (FFD) pengembangan ubi kayu yang di ikuti peserta 35 orang kelompok tani "Suka makmur V" bertempat di lapangan  Dusun Padengdeng Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan, Kamis (5/12/2019).

Selain Danramil 0829/08 Tragah juga hadi Kepala seksi aneka  Kacang dan umbi provensi Jatim, Staf Balai peneliti kacang dan umbi Provensi Jatim, Kabid Tanaman pangan, perkebunan dan pertanian Kabupaten Bangkalan, Kepala Desa Bajeman serta para peserta.

 

Dalam sambutan Ketua Kelompok Tani Suka Makmur V , Agus Purnomo, menyampaikan diantaranya :

 

a. Ucapan selamat datang kepada Kepala seksi aneka  Kacang dan umbi provensi Jatim

di Desa Bajeman dan terima kasih kepada semua undangan kelompok tani Suka Makmur V.

 

b. Acara temu lapang ini di hadiri  oleh 35 kelompok tani , Ini awal dri para petani bercocok tanam ubi Kayu dengan bantuan Bibit ubi kayu dan pupuk ,sarana dan prasaran dri pemerintah dan semoga dengan temu lapang ini para petani dapat meningkatkan kwalitas hasil panen ubi kayu yang lebih melimpah /meningkat dari tahun sebelumya.

 

Sedangkan sambutan  Kepala seksi aneka  Kacang dan umbi provensi Jatim

 Bapak Kusworo .SP.MA.gr. menyampaikan :

 

a. Bantuan Bibit ubi kayu dan pupuk ini dari Ibu Gubenur Jatim ,namun sedikit dengan harapan nanti hasil produksi panen para petani di Desa Bajeman  dalam bercocok tanam ubi kayu tambah meningkat dalam hasil paneinya.

 

b. Pemerintah berharap kepada para petani  bukan hanya menanam dan panein namun para petani dapat mengelolah ubi kayu  di jadikan produk olahan  menjadi kripik dan lain lain.

 

Begitu juga sambutan Kabid Tanaman pangan, perkebunan dan pertanian Kab Bangkalan. Bapak Teguh yang intinya .

 

a. Terima kasih kepada Kepala seksi aneka  Kacang dan umbi provensi Jatim atas kehadiranya dalam giat temu lapang petani dalam rangka pengembangan ubi kayu semoga  dengan arahan dan pentunjuk untuk memajukan pertanian budi daya ubi kayu  khususnya di Desa Bajeman kec Tragah.

 

b. Bagi para petani Ubi kayu jangan di jadikan sebagai tanam sampingan namun di jadikan tanaman pokok karna di Desa Bajeman tanahnya cocok dalam penanaman singkong dan harapan kami agar para petani dalam penaman singkong agar di rawat dengan baik dan pupuknya agar di perhatikan agar pertumbuhan ubi kayu dapat  berkembang dengan baik dri segi pengelolahan ubi kayu perlu penanganan dan penyuluhan bagi para  petani ubi kayu

 

c. Dan harapan kami kepada para kelompok petani suka Makmur V.agar di perhatikan betul apa yg di sampaikan nanti oleh nara sumber oleh ibu Kartika.

 

Pada pukul 09.53 WIB. Penyampaian materi pengembangan ubi kayu oleh Balai peneliti kacang dan ubi  provensi Jatim oleh Ibu Kartika yang intinya .

 

a. Dalam pembajakan tanah dilaksanakan dua kali bajak agar tanah bisa gembur .

 

b. Pemilihan bibit singkong yg baik ukuranya yg sedang dan jumlah matanya yg rapat dan tdk banyak luka dan bibit singkong pilih batang yg sehat dan mata tunas yg bagus .

 

c. Setelah satu bulan tumbuh tunas agar di pupuk biar hasilnya tambah  bagus dan panen nanti tambah melimpah / banyak, dan jangan lupa untuk membersihkan rumput rumput liar yg ada di sekitar tanaman singkong.

 

d. Jarak tanaman singkong dri tanaman pertama dengan ke dua berjarak 0.7 Cm dua baris agar rapat dan dilihat agar bagus dan umut tiga bulan dilaksanakan penyiangan rumput dan pemupukan lagi .

 

e. Panen tanaman singkong paling lama 9 bulan dan jangan lama lama untuk panen agar hasil nya ubi kayu tidak gayeing.

 

f. Singkong adalah sangat bagus untuk kesehatan bagi bapak ,ibu yg penderita Diabetes dan singkong juga di jadikan olahan kripik singkong, bedak juga olahanya terbuat dari singkong, platik juga di buat dari pati singkong dan ramah lingkungan dan singkong itu sangat luar biasa dan banyak pengusaha yg melirik ke usaha singkong.

 

g. Saya harapkan para petani agar semangat dalam bertanam singkong dan kami dri pemerintah sangat mendukung agar di desa Bajeman di jadikan olahan singkong yaitu semacam pelatihan olahan produk singkong dan kami siap untuk membantu dan datang untuk melatih para petani yg ada di Desa Bajeman.

 

Pada pukul 10.30 WIB , penyampaian mutifasi bagi para petani dalam pengolahan singkong oleh Ketua UMKM se Madura bapak Muhammad Dahri yang intinya .

 

a. Di Desa Bajeman dalam penanaman ubi kayu tdk ada yg teratur kebanyakan para  petani dalam penanaman bertanam dengan batang ubi kayu miring dan yang bagus batang ubi kayu harus lurus agar akarnya tambah banyak.

 

b. Perawatan para petani dalam penanaman ubi kayu agar di beri pentunjuk dan arahan karna para petani dalam penanaman uni kayu terkendala dengan tanaman yg di makan rayab dan bagai mana mengatasi hama rayab.

 

c. Untuk tahun ini pemerintah memberi bantuan bibit dan pupuk sangat tepat karna pas musim penghujan untuk petani dalam bercocok tanam dan di Kecamatan Tragah lahan pertanian  adalah tadah hujan dan terkendala dwngan pengairan tanaman .

 

e. Terkait pengelolahan singkong  ada yg langsung jadi , para petani panin singkong dan singkong langsung di kupas dan singkong di cuci dan singkong  di goreng dan di kemas dan di jual di warung warung .para petani dalam pengelolahan singkong dengan cara manual mohon arahan dan bimbingan kami dalam pengelolahan ini .

 

Pada pukul 11.11 WIB,  simbolis penanaman ubi singkong secara simbolis oleh  Kepala seksi aneka  Kacang dan umbi provensi Jatim .Bapak Kusworo .SP.MA.gr di dampingi peserta undangan dan para kelompok  petani suka Makmur V.

 

Pada pukul 11. 20 WIB, Rangkaian kegiatan hari temu lapang petani ( FFD) pengembangan ubi kayu oleh kelompok tani suka Makmur V selesai , selama giat berlangsung dengan aman dan lancar.