Kasdim 0829 Buka Kegiatan Apel Danramil Dan Babinsa Tersebar TA 2019 Di Bangkalan


Bangkalan, Ratusan personel TNI yang terdiri dari para Babinsa dan Danramil Jajaran Kodim 0829/Bangkalan berkumpul untuk mengikuti kegiatan  Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2019 yang dilaksanakan di Aula Manunggal Kodim 0829/Bangkalan, Jl. Letnan Abdullah Bangkalan, Rabu (11/12)
Dandim 0829 diwakili oleh Kasdim 0829/Bangkalan Mayor Inf Mahfud Rofii, Spd. dalam Sambutannya menyampaikan diantaranya :

a) Penyelenggaraan program kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar Kodim 0829/Bangkalan TA. 2019 kali ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, pola pikir, aplikasi, evaluasi dan tindakan para Danramil dan Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD dalam melaksanakan kebijakan Pimpinan guna menyikapi permasalahan Binter di wilayah untuk mendukung tercapainya Tugas Pokok TNI AD.

b) Kegiatan ini dalam rangka upaya peningkatan profesionalitas Danramil dan Babinsa, sehingga dapat lebih siap dalam mengembang dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai satuan satuan komando kewilayahan.

c) Diharapkan melalui kegiatan selama 3 (tiga) hari ini, para peserta apel Danramil dan Babinsa dapat menyerap setiap materi sehingga mampu menambah pengetahuan dan wawasan agar lebih siap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Sedangkan pada pukul 09.00 WIB Penyampaian materi oleh : Waka Polres Bangkalan Kompol Deky Hermansyah tentang Hukum menyampaikan :

(1) Pengertian hukum  adalah suatu sistem peraturan yang di dalamnya terdapat norma-norma dan sanksi-sanksi yang bertujuan untuk mengendalikan perilaku manusia, menjaga ketertiban dan keadilan, serta mencegah terjadinya kekacauan.

(2) Tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan tugas tidak terjadi kesalahan serta  diharapkan dapat meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat dalam rangka menumbuhkan tingkat kepercayaan masyarakat.

Penyampaian materi dilanjutkan Pasi Intel Kodim 0829/Bangkalan Kapten Chb Muhammad Tohari tentang Radikalisme yang intinya :

(1) Radikala adalah gerakan yang dilakukan dalam rangka merubah tatanan Sospol secara inkonstitus.

(2) Pengawasan Babinsa dan Apintel wilayah adalah mendata jumlah golangan radikal, mobilitas dan penambahan golongan radikal.

(3) Metode pengawasan di laksanakan secara terbuka dan tertutup hasilnya di laporkan ke komando atas.

Pemateri selanjutnya oleh Kadistan yang di wakili oleh Bapak Teguh, SP, MMA (Kepala Bidang Tanaman Pangan) tentang ketahanan pangan dan pertanian yang intinya :

(1) Bahwa arah kebijakan dan startegi Meteri Pertanian kedepan adalah terjaganya ketahanan pangan nasional serta meningkatkan daya saing komoditas pertanian.

(2) Menjaga keberlanjutan swasembada pertanian dan tersediannya sarpras pertanian serta meningkatnya kwalitas SDM pertanian.

Teapat pada pukul 12.10 WIB Arahan oleh Pasi Puanter Korem 084/BJ Mayor Inf Eko Resmojo yang intinya :

a) Apel Danramil dan Babinsa dilaksanakan setiap tahun dan ada materi - materi untuk Babinsa sebagai pembekalan sehingga mampu menambah pengetahuan dan wawasan agar lebih siap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

b) Peran Babinsa aktif dan kemampuan di lapangan seperti Temu cepat lapor cepat, Kemampuan Managemen Ter, kemampuan Penguasaan Wil, kemampuan Wanra dan kemampuan Komsos.

Pada pukul 12.30 WIB Kegiatan Apel Danramil dan Babinsa tersebar Ta. 2019 Kodim 0829/Bangkalan selesai selama kegiatan berlangsung dengan tertib, lancar dan aman.