Kasdim 0829 Hadiri Musyawarah Cabang Tahun 2019 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangkalan


Bangkalan,  Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0829/Bangkalan Mayor Inf Mahfud Rofii, S.pd. menghadiri Musyawarah Cabang Tahun 2019 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangkalan bertempat di Pendopo Agung Jl. Letnan Abdullah No. 1 Bangkalan, kemarin.

 

Musyawarah Cabang Tahun 2019 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangkalan, dihadiri 100 orang peserta selain itu juga dihadiri Bupati Bangkalan, Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramukan Jawa Timur, Kadispora Bangkalan, Sekda Bangkalan, Paspotmar Lanal BPO, Wakapolres Bangkalan, Kasi Intel Kejaksaan,  Pjs. Kadinkes Bangkalan H. Sudiyo dan Kadispenda Bangkalan Bapak. Ismed Efeedi.

 

Dalam kesempatan tersebut disampaikan sambutan diantaranya :

 

Pada pukul 09.09 WIB, sambutan Kadispora Bangkalan sebagai Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangkalan, Drs. H. Saad Asj'ari, MM yang intinya sebagai berikut :

 

a.    Menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada majelis pembimbing Gerakan Pramuka Bangkalan, para Ketua Kwartir Ranting se-Kabupaten Bangkalan, segenap jajaran Gerakan Pramuka se-Kabupaten Bangkalan, serta instansi pemerintah, lembaga, dan seluruh lapisan masyarakat yang telah memberikan bimbingan bantuan dan kerjasamanya.

 

b. Permohonan maaf yang sebesar-besamya bila daIam pengelolaan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bangkalan masa bakti 2014-2019 ada yang kurang berkenan dihati sekalian, semoga kekurangan dan kekhilafan yang terjadi dapat menjadi pelajaran dan semangat untuk meningkatkan mekanisme kerja kedepan. Kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk menuju perbaikan dari seluruh peserta Musyawarah Cabang akan diterima dengan hati terbuka demi mensukseskan Musyawarah Cabang 2019 dan untuk menjadi sarana bertukar fikiran dan saling mengisi kekurangan.

 

Pada pukul 09.18 WIB, sambutan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramukan Jawa Timur Dr. H. Sunyoto Prayitno, M, Pd. Menyampian antara lain :

 

a. Kegiatan musyawarah hari ini pada intinya adalah tentang laporan pertanggung jawaban, penyusunan anggaran, pemilihan pimpinan/ketua. Pemilihan pimpinan/ketua biasanya mendapat perhatian lebih sehingga penyusunan rencana kerja untuk 5 tahun kedepan dikesampingkan, padahal rencana kerja 5 tahun kedepan sangat penting untuk menentukan arah tujuan organisasi.

 

b. Memilih pemimpin atau ketua harus orang yg memiliki kemampuan dan ketrampilan yg baik. Gerakan pramuka adalah organisasi pendidikan bukan organisasi politik. Tugas kita memberikan kontribusi positif kepada anggota muda. Gerakan pramuka biarkan berkembang dan tumbuh dimana-mana, jangan diskat-skat atau di kotak-kotak.

 

Sedangkan pada pukul 09.39 WIB, sambutan Bupati Bangkalan sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bangkalan) R. Abdul Latif Amin Imron yang intinya menyampaikan sebagai berikut :

 

a. Seiring perkembangan zaman, tantangan kedepan bagi gerakan Pramuka adalah menghadirkan nilai-nilai khas kepramukaan, kebersamaan, kejujuran, keadilan dan kesetiakawanan melalui konteks yg milenial sehingga sentuhan nilai-nilai pembangunan karakter dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan teknologi.

 

b. Kehadiran gerakan pramuka bagi kalangan muda diperlukan sebagai wadah penanaman sikap mental, terutama bagi generasi milenial yg akan mengambil alih kempemimpinan dimasa mendatang. Keberadaan anak muda yg tergabung dalam organisasi pramuka harus memberikan kontribusi nyata dalam mengantisipasi dampak globalisasi ancaman dari luar seperti infiltrasi budaya asing serta pengaruh lain yg mengganggu stabilitas sosial dan keamanan nasional.

 

c. Diharapakan kepada lembaga pemerintah yg terkait erat dengan pramuka seperti Dinas Pendidikan, Dispora, Kementrian Agama, Bappeda, BPKAD dan lembaga lainnya dapat membantu gerakan pramuka di Kabupaten Bangkalan agar lebih berkembang dan maju, karena saat ini gerakan pramuka sangat dibutuhkan kembali oleh pemerintah khususnya dalam bidang peningkatan nilai-nilai luhur yang mulai pudar.

 

Pada 10.20 WIB, seluruh rangkaian kegiatan ceremonial Musyawarah Cabang Tahun 2019 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangkalan berjalan lancar dan aman.