Babinsa Koramil Geger Bangkalan Bersama Petani Tanam Padi


Bangkalan,- Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Komando Rayon Militer (Koramil) 0829-15/Geger jajaran Kodim 089/Bangkalan Serma Encung  membantu petani menanam padi pada musim tanam di Kelurahan Geger Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Kamis (30/11/2017)

"Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi petani menanam padi karena saat ini memasuki musim hujan bertepatan dengan masa tanam sebagian areal sawah di Bangkalan," kata Komandan Koramil (Danramil) 0829-15/Geger, Kapten Inf Joko Darmawan, di Bangkalan, Kamis
Danramil mengatakan petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan "jajar legowo" dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.
"Pada program ketahanan pangan di Bangkalan, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan," tuturnya.
Menurutnya, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola "jajar legowo", tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas pertanian.
"Anggota Koramil 0829-15/Geger bersama UPT Pertanian dan PPL Kecamatan Geger berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Bangkalan," katanya.
Sementara Ropii, salah seorang petani yang lahannya dijadikan lokasi pendampingan menyampaikan terima kasih adanya peran serta anggota Babinsa dalam pendampingan dalam menanam padi.
"Sebelumnya PPL jarang sekali memberikan pendampingan karena jumlah mereka yang terbatas, namun dengan adanya keterlibatan TNI melalui Babinsa tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi para petani," tuturnya.
Ia berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.