Kodim 0814 Jombang Lakukan Geladi Penanggulangan Bencana Dengan Perahu Karet


Jombang. Dihari ketiga Simulasi Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Kodim 0814 Jombang juga dilatihkan bagemana menggunakan perahu karet serta cara mengevakuasi korban bencana banjir, rabu 22 nopember 2017.
Kemampuan dan keterampilan setiap personel TNI harus selalu ditingkatkan, guna menghadapi segala kemungkinan tugas-tugas kemanusiaan yang dijalani. Oleh karena itu perwakilan BPBD kabupaten Jombang bersama perlengkapan perahu karetnya didatangkan guna menggelar latihan untuk mengoperasikan perahu karet atau LCR.
Latihan teori atau gladi kotor pengoperasian perahu karet atau LCR yang digelar ini berlangsung di lapangan apel Makodim 0814 Jombang, dengan peserta pelatihan ialah personel BPBD kabupaten Jombang, personil Kodim 0814 Jombang dan didampingi perwira Korem 082/CPYJ.
Selain latihan pengoperasian perahu karet LCR pada saat yang sama juga dilaksanakan latihan defend and release, yaitu suatu pengetahuan dan keterampilan bertahan dan melepaskan diri saat menolong korban tenggelam. Melalui latihan defend and release, seorang penolong tetap menjadi penolong, dan bukan justru menjadi korban tenggelam saat berusaha melakukan aksi pertolongan.