Bersama Muspika Komandan Koramil Bubutan Surabaya Gelar Sosialisasi Wasbang di wilayah tugas


Surabaya,- Lembaga Pemerintahan merupakan tempat utama yang memiliki posisi strategis untuk kembali meningkatkan dasar-dasar mental dan perilaku generasi bangsa. Pada saat sekarang ini tentunya sangat penting untuk kembali memupuk jiwa nasionalis, patriptis dengan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk memberikan pemahaman-pemahaman tentang apa dan bagaimana situasi dan kondisi yang saat ini tengah berkembang dan viral terjadi tehadap Negara dan Bangsa Indonesia tercinta ini, untuk itu Komandan Koramil 0830/04 Bubutan Mayor Chb Sukimun memberi bekal wawasan kebangsaan pada kepada Staf Kecamatan Bubutan dan beberapa Elemen Masyarakat di Kecamatan Bubutan Surabaya. Selasa (21/11/2017)

Pemberian wawasan kebangsaan tersebut harus benar-benar disesuaikan dan mudah dicerna sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menanggapi materi wasbang, harus bisa dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan keseharian.

Danramil Bubutan Mayor Chb Sukimun saat dikonfirmasi membenarkan adanya pemberian Wasbang tersebut, sebagai program yang telah ditentukan oleh Komando Atas yang merupakan bagian dari penjabaran program Binter, tegasnya.

Dalam hal ini Koramil 0830/02 Semampit berkoordinasi dengan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Semampir dan Kepala Sekolah SD guna mengosongkan waktu untuk di isi pembekalan Wasbang kepada siswa-siswinya. 

Dalam pemberian materi tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak usia Dasar setingkatnya, yakni dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan-santun dan giat belajar sebagai bagian dari perjuangannya adik-adik pelajar. Sehingga tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan dan nantinya dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI. 

Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Kodim 0830/Surabaya Utara, Letkol Arm Beny Hendra Suwardi,S.Sos, bahwa adanya program pemberian Wasbang tersebut. "Tentunya baik tingkat Danramil maupun Babinsa sudah kami berikan tata cara pemberian Wasbang, baik kepada Komponen Masyarakat, Instansi-Instansi Pemerintahan, Tokoh-Tokoh Masyarakat maupun kepada siswa-siswi mahasiswa dan pelajar sekolah di wilayah", jelasnya.

Menurutnya, dalam penyampaian Wasbang hendaknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi, dalam artian bagaimana pemberian Wasbang kepada siswa-siswi SMP karena mereka masih anak-anak, tentunya harus ada pola yang cermat dan tepat sehingga Wasbang yang diberikan mampu dipahami dengan baik. 

Terkait tujuan diadakannya Wasbang, Letkol Arm Beny Hendra Suwardi,S.Sos juga menyampaikan bahwa pemberian pemahaman terhadap Wasbang utamanya kepada anak-anak tingkat Dasar dan Menengah Pertama memiliki nilai yang sangat strategis. Hal ini tentunya dalam rangka pembinaan sumber daya manusia khususnya anak-anak dan generasi muda untuk lebih mencintai tanah airnya, memiliki rasa bela negara, memiliki semangat juang dalam belajarnya serta tumbuh rasa saling menghormati antar sesama semenjak dini serta untuk menunjang pertahanan semesta sebagai sitem pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti halnya yang dilakukan Komandan Koramil 0830/02 Semampir Mayor Inf Imam Suyoso,S.Ag dalam memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar SD yang diikuti sekitar 100 siswa dan siswi.