Indonesia ikut bidding Piala Dunia U20, Surabaya jadi salah satu venue


Perwakilan dari Aprov PSSI Jatim bertemu dengan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Surabaya ditunjuk sebagai Host City Piala Dunia U20. PSSI Jawa Timur pun mulai mempersiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) milik Pemkot Surabaya sebagai salah satu venue Piala Dunia Sepakbola U-20 2021.

Seperti diketahui Pemerintah Indonesia dalam hal ini PSSI akan ikut bidding tuan rumah Piala Dunia U-21 yang akan digelar pada 2021 mendatang. PSSI sudah memutuskan 10 stadion termasuk GBT akan menjadi venue.

"Untuk Surabaya dan Palembang (Jakabaring) adalah permintaan presiden Jokowi, karena itu kami hari ini membawa mandat dari PSSI Pusat menghadap Bu Risma untuk minta persetujuan sebagai host city. Dan Alhamdulillah Bu Risma langsung menyetujuinya," ucap Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhannudin, usai bertemu dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Senin (26/8/2019).

Selain Surabaya, juga ada Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Patriot Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Stadion Mandala Krida, Pakan Sari, Mahan Solo, Jakabaring Palembang, Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Menanggapi keinginan dari presiden Jokowi ini, Bu Risma menyambut dengan antusias. "Saya senang, karena ini sebuah kehormatan bagi Kota Surabaya. Apalagi saya usul saja belum tentu diterima, ini malah ditunjuk. Ya saya setujui saja," kata Risma.

Baginya ini selaras dengan program Pemerintah Kota Surabaya yang sedang menggalakkan pembinaan pemain kelompok umur dan remaja.

"Supaya anak-anak bisa bermimpi. Karena dengan adanya Piala Dunia U-20 ini, anak-anak bisa bermimpi. Nanti pemain bisa melihat langsung bintang-bintang muda dunia," ujar Risma.

Risma meyakini semua instrumen di Surabaya bakal menjadi tuan rumah yang baik karena semua sudah siap, baik stadionnya (Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya), masyarakatnya, dan lingkungannya. Risma juga sangat antusias menyambut penunjukan Surabaya sebagai salah satu tuan tumah yang diajukan dalam bidding Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Saking senangnya, Risma pun mengaku siap jika diminta untuk presentasi di depan FIFA.

"Kalau saya diminta presentasi, saya siap. Dan saya sangat optimistis karena Surabaya masyarakatnya gila bola. Karena saya pernah ke Brasil, tidak seperti kita yang semua lapisan masyarakatnya gila bola. Dan kami memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan Brasil maupun konsorsium Thailand-Myanmar," ujar Risma.