Melalui Koramil, Kodim 0829/Bangkalan Tanamkan Wasbang


Bangkalan, Kodim 0829/Bangkalan melalui Danramil 0829/01 Kota  Kapten Chb Hasbolah menanamkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada generasi muda.

 

Kali ini sasaran Wasbang adalah Mahasiswa Stikes Ngudiya Husada Bangkalan.

 

Pemberian materi Wasbang ini dilakukan oleh Danramil tidak hanya dilakukan di Sekolah Tinggi saja namun dilakukan di semua sekolah yang ada di wilayah binaan dalam rangka menanamkan Rasa Cinta tanah air siswa dan menambah pengetahuan tentang wawasan kebangsaan agar para siswa siswi akan menjadi generasi penerus bangsa yang berjiwa patriot.

 

Pemberian Wawasan kebangsaan tidak seharusnya diberikan pada usia remaja saja, namun menurut Danramil 0829/01 Kota  Kapten Chb Hasbolah, bahwa memberikan pembekalan wawasan kebangsaan diberikan pada pendidikan anak usia dini hingga mahasiswa.

 

Diketahui usia 0-6 tahun adalah usia emas bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, dianggap sangat perlu hal tersebut untuk mencetak pendidik yang berwawasan kebangsaan serta mengembangkan sikap nasionalisme dalam menghadapi era globalisasi.

 

Ia menuturkan juga bahwa menanamkan rasa cinta tanah air harus diterapkan dan dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam proses belajar yang di mulai dengan datang ke sekolah tepat waktu, mengumpul-kan tugas sekolah tepat waktu, dan harus taat kepada semua guru. Termasuk mematuhi peraturan tata tertib sekolah hal ini akan mendasari tumbuhnya sikap disiplin dan rasa cinta tanah air.

 

"Sesuai dengan levelnya, tentu pemberian materi wawasan kebangsaan tersebut harus di sesuaikan dengan keadaan usia. Sehingga bisa mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan," ungkapnya.

 

Demikian juga saat kita di rumah dan di lingkungan harus patuh kepada orang tua, taat kepada aturan agama dan lingkungan, tambahnya.

 

Lebih lanjut Danramil 0829/01 Kota  Kapten Chb Hasbolah mengungkapkan pemberian materi wawasan kebangsaan pada generasi muda adalah salah satu tujuan pemberian materi wawasan kebangsaan ini untuk melatih kedisiplinan dan menanamkan jiwa nasionalisme serta Cinta tanah Air.

 

Penanaman wawasan kebangsaan ini merupakan bagian dari pendidikan karakter yang dapat menumbuhkan sikap disiplin pada diri siswa siswi dan semangat kebangsaan hingga mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Untuk mempersiapkan pendidik yang memiliki kepribadian dan mental yang bersumber pada nilai-nilai kebangsaan," ungkapnya.

 

Kodim 0829/Bangkalan akan terus memberikan materi wawasan kebangsaan pada siswa diseluruh jenjang pendidikan di wilayah teritorial Kodim 0829/Bangkalan.