Kebakaran Pabrik Krupuk & Sirup Orson di Petemon Barat Surabaya


Foto : Msby | Metropolis - Kebakaran Pabrik Krupuk & Sirup Orson di Petemon Barat Surabaya

SURABAYA, Sudah terjadi 2 (dua) kali kebakaran di wilayah Petemon Surabaya, kebakaran pertama terjadi pada hari Senin (13/06) di Jl. Simo Kwagean/perempatan Petemon Gang 11 milik Ibu Sri Wahyuni (tinggal di Sidoarjo), namun kali ini (14/06) kebakaran terjadi di obyek Home Industri Pabrik Kerupuk, Jl. Petemon Barat Nomor 171 dan Pabrik UD Levis yang memproduksi Sirup Orson di. Jl. Petemon Barat Nomor 173 Surabaya dan 3 rumah warga di Kelurahan Petemon, Kecamatan Sawahan Surabaya, Selasa, 14 Juni 2016.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 17.45 WIB, saat warga sedang berbuka puasa. Kejadian saat semua pegawai home industri kerupuk sudah tidak beroperasi tiba-tiba api sudah membesar, diduga api berasal dari percikan-percikan api yg dikeluarkan cerobong dan mengenai barang-barang yang ada di Pabrik Orson dan membakar keseluruhan bangunan untuk produksi kerupuk, api semakin membesar akhirnya merembet ke 1 Home Industri minuman (syrup/orson).

Warga memadamkan api dengan alat seadanya dan petugas PMK tiba di lokasi dan langsung memadamkan api. Api juga merambat dan membakar satu rumah warga yang ada di Jl. Simo Kwagean Gang Buntu No. 18, lokasinya di belakang Pabrik Krupuk, karena akses jalan juga sempit/kampung padat penduduk api merambat ke dua rumah lagi No. 20 dan 22 RT.07 RW.01 Kel. Kupang Krajan Kec. Sawahan Surabaya. Api keseluruhan baru bisa dipadamkan pukul 21.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Petugas yang membantu proses pemadam kebakaran, meliputi : 12 Unit Baruna (PMK), Polrestabes & Polsek Sawahan, Koramil Sawahan, Salinmas & Satlak PB Kota, Dishub Kota, Dinkes Kota, Dinsos Kota, Satpol PP Kec. Sawahan, PMI, PLN, Tagana, Rapi.

Info sementara dari ketua RW.1 Simo Kwagean Bapak Sutaji, bahwa pemilik Home Industri Krupuk Ibu Apsa, sedangkan Pemilik Pabrik Orson Bapak Chandra Kurniawan.

Sedangkan Warga terdampak yang rumahnya terbakar, antara lain milik : Bapak Abdul Rojak, Bapak Basuki, Bapak Suhartono. Yang beralamatkan di Jl. Simo Kwagean Gang Buntu No.18, 20 & 22.

Untuk sementara warga yang terdampak saat ini mengungsi di balai RW.01 Simo Kwagean sebagai tempat tinggal sementara dan kesehatan. Data sementara : Penduduk asli Surabaya 7 KK 28 Jiwa, Penduduk Musiman (Pegawai Home Industri Krupuk) 3 KK 11 Jiwa.

Hingga pukul 23.00 WIB beberapa petugas masih membantu pengurusan pengungsian bagi warga terdampak kebakaran, sampai saat ini situasi masih terkendali.

[/dik]



Posted via Blogaway