Surabaya Selatan : Terik Matahari Bulan Puasa, Babinsa & Petani Seakan Seperti Keluarga


Foto : MSby | Babinsa Wiyung Bajak Sawah

SURABAYA,-  Mewujudkan Swasembada Pangan Nasional sangat perlu mendapatkan pendampingan instansi terkait. Untuk itu Dinas Pertanian Surabaya bekerja sama dengan Satuan Teritorial yang ada di Kota Surabaya. Antara lain Koramil 0832/05 Gayungan, 0832/06 Karangpilang dan 0832/08 Lakarsantri Kodim 0832/Surabaya Selatan, melaksanakan pendampingan petani dalam rangka MT.II di lahan sawah wilayah Kel. Dukuh Menanggal, Kel. Wiyung, Kel. Balas Klumprik, dan Kel. Lakarsantri Surabaya, Kamis 09/06/2016.

Tentunya pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa sangat membantu petani di sawah, secara langsung para Babinsa bertatap muka  dan memberikan bantuan pikiran maupun tenaga. Seperti pengecekan penyiapan lahan, masa tanam, masa panen maupun keperluan yang dibutuhkan petani, termasuk juga mengusir burung pemakan padi, serta membajak sawah dan lain-lain. Tak jarang para Babinsa berlama-lama di tengah sawah dibawah teriknya panas matahari. Seperti yang dilakukan pada bulan puasa ini, Babinsa tak mengenal lelah untuk membantu petani di wilayah binaannya.

Babinsa seakan menyatu dengan keberadaan petani, seperti keluarga bagi mereka. Pendampingan petani oleh Babinsa, bertujuan untuk meningkatkan produksi padi. Diharapkan dapat mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada Beras, sehingga tercapainya Ketahanan Pangan Nasional.

[/Sap]