Safari Ramadhan 1437 H,...Panglima TNI : Anak Sebagai Investasi Abadi Orang Tua


Foto : MSby | Kodam V/Brawijaya | Safari Ramadhan 1437 H Bersama Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo -

SURABAYA,- Hari ke 5 pada Bulan Ramadhan 1437 H di wilayah Kodim 0832/Surabaya Selatan yaitu Lapangan Kodam V/Brawijaya Jl. Raden Wijaya, Kel. Sawunggaling, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Dilaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Ibu Neny Gatot Nurmantyo beserta Rombongan dalam rangka Safari Ramadhan TA. 2016 "Buka Puasa Bersama 5.000 Anak Yatim Piatu", dihadiri Satuan Jajaran Kodam V/Brawijaya beserta Keluarga Besar, Forkopimda Jatim, dan Tokoh Masyarakat (Tomas), serta Tokoh Agama (Toga), Jumat 10 Juni 2016.

Panglima TNI dan Ibu Neny Gatot Nurmantyo beserta Rombongan tiba di Lapangan Kodam V/Brawijaya disambut oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Drs. H. Syaifullah Yusuf, Pangdam V/Brw Mayjen TNI Sumardi, Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Rahmad Pribadi. Dilanjutkan acara "Buka Puasa Bersama" yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran Surat Al-Baqoroh ayat 183-185 oleh Serda Supali Babintal Yon Arh-8 Dam V/Brawijaya.

Dilanjutkan Panglima TNI, dalam sambutannya mengucapkan syukur bisa bersilaturohim dengan seluruh Keluarga Besar Kodam V/Brawijaya, Gartap III/Surabaya, Forkopimda Jatim, dan Tokoh Jatim, serta Anak Yatim Piatu. Bahwa anak yang akan melindungi kita, akan melanjutkan history amal ibadah kita dihari akhirat. Anak adalah investasi abadi/kekal bagi kita sebagai orang tua, maka dari itu mari kita jaga dan arahkan anak-anak kita. Pandai-pandailah bersyukur, karena kita bisa berkumpul di tempat ini merupakan anugerah yang luar biasa. Kita bisa melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan dan menyambut datangnya Hari Raya Idhul Fitri," pungkasnya.

Ketua MUI Jatim KH. Abd. Samad Bukhori  dalam ceramahnya menyampaikan, bahwa puasa Bulan Ramadhan merupakan ibadah yang paling tinggi, dengan bukti di Bulan Ramadhan kita berkumpul bersama dan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Puasa di Bulan Ramadhan dilaksanakan dengan tidak ada paksaan, karena sesuai dengan perintah ayat-ayat suci Al-Quran, yang bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kita.

Lebih lanjut KH. Abd. Samad Bukhori mengurai ceramahnya, bahwa ada 5 (lima) perkara yang menghapus amal puasa yaitu dusta, membicarakan kejelekan orang, mengadu domba, bersumpah dengan sumpah palsu dan nafsu syahwat. Mengharapkan agar awal Bulan Ramadhan bersama dan akhir Bulan Ramadhan bersama. MUI Jatim mengajak bersama-sama dengan mengusulkan hari Raya Idul Fitri harus sama. Pemerintah dalam menentukan perayaan Hari Raya Idul Firi harus musyawarah dengan Ormas, sehingga nanti hasilnya bisa melaksanakan Hari Raya Idul Fitri bersama-sama. Bahwa Jawa Timur (Jatim) dalam Program Dr. H. Soekarwo, SH., M.Hum., dan berkat usulan MUI kepada negara, telah menutup 67 titik tempat prostitusi. Ceramah agama selesai dan ditutup dengan do'a Buka Puasa oleh KH. Abd Samad Bukhori, dan dilanjutkan Buka Puasa Bersama. Setelah itu berlanjut Sholat Magrib berjamaah dengan Imam KH. Abd Samad Bukhori. Dilanjutkan Sholat Isya' dan Sholat Tarawih Berjama'ah, dan diakhiri dengan Pemberian Tali Asih, serta Bingkisan kepada Anak Yatim Piatu.

Hadir dalam Safari Ramadhan Panglima TNI, yaitu :
a. Kabinda Jatim.
b. Ketua DPRD Jatim Drs. H. Halim Iskandar beserta Ibu.
C. Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi beserta Ibu.
d. Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji.
e. Asisten Perdata dan TUN Kejati Jatim.
f. Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Syaifullah Yusuf.
g. Gubernur AAL Mayjen TNI Mar Guntur Lelono.
h. Pangarmatim Laksda TNI Dharwanto.

Perlu diketahui pada kesempatan ini, 100 dari 5.000 Anak Yatim Piatu termasuk transportasinya merupakan partisipasi dari Kodim 0832/Surabaya Selatan beserta Jajaran Koramilnya, yaitu :
1. Koramil 0832/01 Sawahan 25 Anak Yatim Piatu dari Yayasan Al Iksan Jl Simo Sido Mulyo V/26 Surabaya,

2. Koramil 0832/04 Wonokromo 25 Anak Yatim Piatu dari Yayasan Al Ikhlas Jl. Karangan No 223 Wonokromo Surabaya,

3. Koramil 0832/05 Gayungan 25 Anak Yatim Piatu dari Panti Asuhan Muslim Jl. Jambangan Kebon Agung No.1 Surabaya, dan

4. Koramil 0832/06 Karangpilang 25 Anak Yatim Piatu dari Panti Asuhan Darul Aitan.

[ /sap]