Danramil dan Petani Monitoring Kesuburan Padi di Tanah Merah Bangkalan


Bangkalan, Komandan Rayon Militer (Danramil) 0829/06 Tanah Merah Kapten Inf Suharjo melaksanakan kegiatan pendampingan kelompok tani di lahan sawah dengan jenis padi IR 64. Dirinya monitoring tanaman padi di Desa Desa Landak Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan, Senin (26/2/2019). 

 

Danramil 0829/06 Tanah Merah Kapten Inf Suharjo mengatakan, kegiatan monitoring tanaman padi milik petani dilakukan para Babinsa ini dimaksudkan mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman. Serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi wilayah desa binaannya.

 

Menurutnya, upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan. Di mana perlu ditindaklanjuti para Babinsa di jajaran Kodim 0829/Bangkalan khususnya Koramil 0829/06 Tanah Merah. 

 

Kapten Inf Suharjo menambahkan, tanggung jawab Babinsa mengawal pertanian di wilayah binaan masing-masing untuk melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin. 

 

"Untuk mencapai hasil maksimal, Babinsa turun ke sawah ikut mendampingi petani. Dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog. Selain itu Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal," jelas Kapten Inf Suharjo.