Wujud Profesinalisme TNI, Kodim Surabaya Selatan Pembinaan Netralitas Dalam Pileg Dan Pilpres 2019


mediasurabaya.com , SURABAYA - Sikap TNI dalam Pemilu 2019 sudah jelas harus Netral, termasuk anggota TNI Kodim 0832/Surabaya Selatan. Netralitas TNI menjadi komitmen Pimpinan TNI sebagaimana diamanatkan dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Pagi hari Senin (25/02/2019) setelah kegiatan Upacara Bendera di Makodim 0832/Surabaya Selatan Seluruh personel Makodim dan Koramil Jajaran serta beberapa Anggota FKPPI berkumpul di halaman Makodim 0832/Surabaya Selatan untuk menerima arahan dari Komandan Kodim 0832/Surabaya Selatan Letkol Inf Alfian, S.I.P. dalam rangka Pembinaan Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres Tahun 2019.

Kegiatan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres Kodim 0832/Surabaya Selatan Tahun 2019 menggunakan tema "melalui pembinaan Netralitas TNI dalam PILEG/PILPRES kita wujudkan Profesionalisme TNI dengan bersikap Netral dalam penyelenggaraan PEMILU baik PILEG maupun PILPRES dan senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan PEMILU yang LUBER dan JURDIL di seluruh wilayah NKRI".

Dalam Sambutannya Dandim Surabaya Selatan menyampaikan bahwa "Netralitas TNI Kodim 0832 Surabaya Selatan pada Pemilu Tahun 2019 baik Pileg maupun Pilpres tidak bisa ditawar. Netralitas ini harus dijaga, baik melalui ucapan, sikap dan tindakan serta tidak melakukan pelanggaran dalam Pileg/Pilpres Tahun 2019" tegasnya.

Lebih lanjut Letkol Inf Alfian, S.I.P. menambahkan "buku tentang Netralitas TNI sudah dibagikan kepada seluruh prajurit, Pedomani betul ketentuan-ketentuan didalamnya. Diantaranya ketentuan umum, ketentuan netralitas, petunjuk kerja sebelum pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara dan setelah pemungutan suara." Imbuhnya.

Selain memberikan arahan tentang Netralitas TNI, Letkol Inf Alfian S.I.P. juga meminta kepada seluruh anggota TNI dan PNS beserta keluarganya harus bijak dalam penggunaan media sosial, jangan mudah men-share berita-berita yang belum tentu kebenarannya.

Diakhir sambutannya, Dandim Surabaya Selatan memberikan penekanan "Pedomani dan pegang teguh ketentuan yang ada, agar tidak terjadi keragu-raguan dalam menjalankan tugas dan tidak terjebak dalam pelanggaran yang dapat merugikan diri kita dan satuan, saya berharap segenap anggota TNI dan PNS sekalian untuk berperan serta mewujudkan kondusifitas wilayah, sehingga pelaksanaan Pileg/Pilpres Tahun 2019 berlangsung dengan aman dan kondusif." tegasnya.

kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdim 0832/Surabaya Selatan, Ka Subgar Surabaya Selatan, Para Perwira Staf Kodim 0832, Para Danramil dan Wadanramil Jajaran Kodim 0832, Anggota TNI dan PNS Makodim 0832 dan Koramil Jajaran, Anggota Subgar Surabaya Selatan, serta FKPPI. [/Dik]