Babinsa Bantu Petani Sumur Welut Makmur Panen Raya


mediasurabaya.com , SURABAYA - Selama 3 (tiga) hari berturut-turut mulai hari Jumat kemarin (23/02) sampai dengan hari Minggu pagi ini (25/02/2018), Babinsa (Bintara Pembina Desa) wilayah Kelurahan Sumur Welut Serka Suwarsu melakukan pendampingan terhadap petani di wilayah binaannya.

Anggota Koramil 0832 / 08 Lakar Santri ini membantu Poktan (Kelompok Tani) Sumur Welut Makmur, melaksanakan panen raya di lahan wilayah RW.01 RT.05 Kelurahan Sumur Welut, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya.

"Minggu pagi ini saya membantu panen padi di lahan seluas 0,8 hektar, garapan Ibu Wastipah", kata Serka Suwarsu, menerangkan.

Dikonfirmasi via Aplikasi Pesan, Serka Suwarsu menyampaikan perkiraan hasil panen padi yang akan didapatkan.

"Jenis pada IR.64 Super, diperkirakan 6,8 ton/hektar, tapi belum bisa dipastikan. Karena dari Dinas Pertanian belum dilaksanakan ubinan, ini hanya perkiraan", kata Serka Suwarsu.

Dijelaskan oleh Babinsa tersebut, yang dimaksud ubinan yaitu mengambil sampel padi yang ada di lahan sawah 2,5 m x 2,5 m. Setelah itu dipanen hasilnya, ditimbang berapa beratnya, lima titik lokasi diacak dijumlah dibagi 5, hasil rata-ratanya baru bisa dipastikan hasil per hektar.

[/Dik]