Koramil 0814/10 Mojoagung Pertinggi Tanggul Catak Gayam


Jombang. Personil Koramil 0814/10 Mojoagung Kodim 0814 Jombang dibantu warga serta relawan melaksanakan kerja bakti memperbaiki tanggul sungai Catak Banteng di dusun Kagulan Desa Janti Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang yang beberapa hari lalu mengalami banjir bandang, akibat hujan turun yang sangat deras mengguyur wilayah Jombang Selatan yang merupakan pegunungan, sehingga mengakibatkan aliran sungai sungai Catak Banteng tidak kuat menahan derasnya air yang mengalir, minggu 25 Pebruari 2018.
Akibat luberan sungai tersebuti mengakibatkan pemukiman warga di beberapa desa di kecamatan Mojoagung Jombang terendam dan membuat aktifitas masyarakat terganggu Empat desa yang tergenang banjir yakni Desa Kademangan, Bethek, Karobelah, dan Mancilan. Desa Kademangan tercatat paling parah karena banjir di sana setinggi dada orang dewasa. Sementara di desa-desa lain ketinggian air berkisar antara 30 sentimeter (cm) hingga 50 cm serta memakan beberapa korban jiwa.
Untuk mencegah luberan sungai yang ini maka Personil Koramil Mojoagung dibantu warga masyarakat melaksanakan kerja bakti mempertinggi tanggul sungai dengan cara menyusun karung karung yang di isi tanah dan di patok dengan bambu untuk mencegah longsor tanggul.

Danramil 0814/10 Mojoagung mengatakan, " Dengan adanya kerja bakti ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi masyarakat, minimal dapat menggurangi volume banjir dan longsornya tanggul karena sungai tersebut setiap tahun di musim penghujan pasti terjadi banjir serta dapat menumbuhkan rasa solidaritas antar warga Desa.
Dalam pelaksanaan kegiatan diawali dengan pengambilan apel yang di pimpin Kapten Chb Sugeng, serta membagi sektor kerja bakti. " Dalam pelaksaan nanti agar dikerjakan dengan iklas dan penuh rasa tanggung jawab sehingga dalam pengerjaan mendapatkan hasil yang maksimal walaupun hari ini tanggal merah ", ucap Danramil memberi semangat personilnya.