Dandim 0829 Hadiri Launching Program BCPS di Polres Bangkalan


Bangkalan, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Arm Dodot Sugeng Heriadi bersama Forkopimda Bangkalan menghadiri launching program Bangkalan Cashless Payment System (BCPS) yang bertempat di Polres Bangkalan, Rabu (9/1/2019).

 

Program digagas untuk menghindari terjadinya pungli, maka Polres Bangkalan meluncurkan program Bangkalan Cashless Payment System (BCPS).  Selain Dandim 0829, Bupati dan ketua DPRD Bangkalan, acara tersebut juga dihadiri perwakilan forkopimda, pimpinan BRI, GM Telkomsel, rektor UTM serta para ulama di Bangkalan.

 

Peluncuran program BCPS ini meliputi tiga layanan yakni SIM dan SKCK Keliling, Samsat Keliling dan Samsat Kerapan. Khusus Samsat Kerapan, merupakan layanan samsat keliling yang menggunakan sepeda motor. Samsat kerapan nnantinya diharapkan bisa menjangkau objek lebih cepat dan luas.

 

BCPS merupakan layanan menggunakan sistem pembayaran non tunai. Polres Bangkalan menggandeng BRI dan Telkomsel. Pembayaran menggunakan scan QR dari aplikasi My QR dan Tcash dari BRI dan Telkomsel. Caranya, pengguna download aplikasi My QR dan Tcash. Top up saldo melalui transfer atau isi ulang via ATM atau M-Banking.

 

Mudahnya cara pembayaran dan layanan ini diharapkan bisa membantu masyarakat dan mendukung Polres Bangkalan terhindar praktek pungli. Selain melaunching layanan tersebut, Polres Bangkalan juga mencanangkan pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

 

"Saya mengapresiasi atas launching layanan BCPS ini, semogra program ini memperkecil ruang pungli. Semoga program cashless payment ini juga bisa dicontoh instansi lain di Bangkalan. Sehingga, Bangkalan bebas pungli," ujar Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron saat ditemui seusai acara peluncuran BCPS.

 

Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa'ludin Tambunan, mengungkapkan bahwa program BCPS merupakan salah satu upaya dan komitmen jajaran dalam peningkatan mutu layanan. "Alhamdulillah, kami bisa melaunching layanan cashless payment. Ini salah satu bentuk peningkatan layanan terhadap masyarakat Bangkalan," tuturnya.